Pesantren Al Nahdlah IBS Depok

Pesantren Al Nahdlah IBS Depok

Profil
Pondok Pesantren al-Nahdlah, masyarakat biasa juga menyebutnya dengan Al Nahdlah Islamic Boarding School adalah Lembaga Pendidikan Islam dengan sistem pembelajaran yang terintegrasi antara pendidikan umum dan agama. Berdiri pada 1997 oleh aktivis muda pendidikan: Dr. Hilmi Muhammadiyah, Dr. Asrorun Niam Sholeh, Sulthan Fatoni, M.Si., Abdullah Masud, S.Pdi, Ridwan Taiyeb, S.Pd, dan Khoirul Hadi Nasution, S.Ag.

Al-Nahdlah menggabungkan kekuatan tradisi Islam dengan kemajuan keilmuan kontemporer. Sehingga santri diharapkan mempunyai kemampuan yang berbasis karakter. Nilai-nilai kepesantrenan ditanamkan secara kuat dengan pola keteladanan. Di sisi lain santri diakrabkan dengan keilmuan kontemporer dengan cara pengayaan literatur dan praktik. Memasuki satu windu, al-Nahdlah membatasi sejumlah 200 santri putra-putri untuk memberikan pelayanan pendidikan yang maksimal.

VISI DAN MISI
VISI
Al-Nahdlah Islamic Boarding School sebagai pusat unggulan (center of excellence) pendidikan yang memiliki kompetensi di bidang ilmu pengetahuan, pembangunan jaringan, pelestarian tradisi, pengabdian masyarakat, serta penyiapan sejak dini atas generasi masa depan yang bertaqwa, cerdas, dan inovatif.

MISI
1. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang ilmu pengetahuan dan kajian kitab kuning.
2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan.
3. Menghasilkan lulusan yang dapat berkomunikasi dalam bahasa internasional (Arab dan Inggris).
4. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kualitas kepemimpinan (leadership), kemandirian, dan kecakapan dalam berorganisasi dan bersosialisasi.
5. Mengembangkan komunikasi dan jaringan dengan institusi pendidikan lainnya sebagai pusat pendidikan unggulan dalam menyiapkan generasi masa depan yang berdaya saing global.

Pendidikan
SISTEM PEMBELAJARAN
I. Madrasah Tsanawiyah (Boarding School)
1. MTs. Al-Nahdlah sebagai satuan pendidikan dasar, menerapkan sistem pembelajaran terintegrasi (Integrated Learning System) yang memadukan antara sistem pembelajaran modern dan salaf (pesantren), memadukan jalur pendidikan formal, nonformal, dan informal dalam satu kesatuan.
2. MTs. Al-Nahdlah menekankan sistem pembelajaran holistik dan berkelanjutan yang didasarkan pada bakat dan minat masing-masing peserta didik.

II. Madrasah Aliyah (Boarding School)
MA. Al-Nahdlah sebagai satuan pendidikan tingkat atas, menerapkan sistem pembelajaran terintegrasi (Integrated Learning System) yang terbagi dalam tiga jurusan (IPA, IPS dan Keagamaan).

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alumni Pesantren Al Nahdlah IBS Depok