Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Orang Tua Sering Bertengkar, Apa yang Harus Saya Lakukan?

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Orang Tua Sering Bertengkar, Apa yang Harus Saya Lakukan?


Assalamu’alaikum wr wb.
Dear mbak Nur, saya Niar, 16 tahun. Saya mau curhat mengenai kedua orang tua saya. Mbak, orang tua saya sering sekali bertengkar, bahkan mereka sering bertengkar di depan saya. Pernah juga suatu waktu mereka bertengkar bertepatan pada masa-masa ujian di sekolah. Hal ini membuat saya sedih, stress dan terpukul. Saya hanya dua bersaudara. Adik saya masih kecil,  sehingga mama sering curhat pada saya.

Papa pun begitu, di waktu yang lain bercerita tentang mama. Saya bingung, berada di posisi penengah namun tidak mampu melakukan apa-apa. Terkadang saya kurang respek pada kedua orang tua saya, karena mereka saja tidak saling respek satu sama lain, tapi saya khawatir jika sering bertengkar maka akan terjadi perceraian.
Apa yang harus saya lakukan di situasi seperti ini ya mba ? Mohon tanggapan dan solusi yang mungkin bisa saya lakukan. Terima kasih.
 

Wassalamu’alaikum wr wb.
Niar di Tangerang

Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Niar sayang, mbak Nur mengapresiasi keberanianmu untuk membuka diri di sini. Merasa bingung dan tidak tahu harus berbuat apa merupakan respons yang wajar jika berada di situasi yang rumit, apalagi berkaitan dengan pertengkaran orang tua yang tentunya sangat kita sayangi.

Baca juga: Keinginanku bertentangan dengan ekspketasi orang tua

Yuk atur emosimu sehingga bisa berpikir jernih untuk menangani situasimu saat ini. Mbak Nur memiliki beberapa saran yang bisa kamu lakukan saat kedua orang tuamu bertengkar. 

1. Berusahalah untuk tetap bersikap tenang dan kendalikanlah emosimu. Kamu bisa membuat catatan tentang pertengkaran kedua orang tuamu, tuliskan tentang emosimu pada saat itu dan apa yang kamu lakukan pada saat itu. Ini membantumu mengenali hal-hal yang membuatmu tertekan dan cara yang paling efektif untuk mengatasinya, sehingga jika pada suatu saat kamu berada pada situasi yang sama, kamu bisa lebih cepat mengatasi perasaan yang membuatmu tertekan. Berlatihlah melakukan relaksasi pernafasan dalam, suplai oksigen yang cukup ke dalam otak, membantumu lebih tenang dan rileks.

2. Bersikap netral merupakan sikap yang paling bijaksana saat salah satu orang tuamu menggiringmu pada cerita yang mengajakmu memihak salah satu dari mereka. Dukung dan kuatkan emosi mereka, sampaikan bahwa kamu menyayangi kedua orang tuamu. Namun apabila pertengkaran mengarah pada kekerasan fisik, kamu harus mencari bantuan orang dewasa yang disegani kedua orang tuamu. 

3. Jangan ikut campur urusan orang tua dan jangan sekali-sekali menguping pertengkaran mereka. Jika mereka bertengkar di hadapanmu, pergilah ke kamar atau tempat yang sekiranya kamu tidak mendengar pertengkaran mereka. Meskipun orang tuamu menceritakan semua permasalahannya padamu, batasi agar kamu tidak ikut campur pada permasalahan mereka. Dorong mereka untuk berkomunikasi satu sama lain, sering sekali pertengkaran terjadi hanya karena komunikasi yang kurang baik. 
4. Bicarakan dengan orang tuamu apabila pertengkaran mereka sudah mulai memberikan dampak buruk padamu dan juga saudara-saudaramu. Orang tuamu mungkin tidak menyadari hal ini. Posisikan dirimu bukan pada orang yang mengetahui permasalahan mereka, tetapi sebagai seseorang yang peduli dan menyayangi mereka.

Okey Niar, beberapa hal di atas adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan saat orang tuamu bertengkar. Perlu diingat, tidak semua pertengkaran berakhir dengan perceraian. Mungkin saja orang tuamu hanya berbeda pendapat. Sarankan pada orang tuamu untuk berkonsultasi pada psikolog, jika permasalahan mereka semakin rumit dan tidak menemui titik temu.

 

Wassalamu’alaikum wr wb.

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun