Penjelasan tentang Gerhana Bulan Total

Penjelasan tentang Gerhana Bulan Total

Gerhana Bulan (Khusuf Qomar/Lunar Eclipses) adalah fenomena alam yang disebabkan bumi beredar mengelilingi matahari dalam waktu satu tahun. Nabi sudah jauh hari mengindikasikan hal tersebut berdasarkan hadist Shoheh yang diriwayatkan oleh Bukhori Muslim bahwa Matahari dan Bulan adalah merupakan salah satu tanda kekuasaan-Nya dan tidak berkaitan dengan kematian seseorang dan tidak berkaitan dengan kehidupan seseorang, maka bersegeralah kalian untuk melakukan sholat (HR.Bukhori Muslim).

Secara astronomis kita sudah mengetahui bahwa bumi beredar mengelilingi matahari dalam waktu satu tahun. Bersamaan dengan itu bulan mengelilingi bumi selama 29 hari. Hal ini mengakibatkan kedudukan bumi dan bulan relative terhadap matahari berubah setiap saat. Bulan beredar mengelilingi bumi pada orbit berbentuk hampir lingkaran. Bidang orbit itu membentuk sudut sebesar 5.2 derajat dengan bidang edar bumi mengelilingi matahari (ekliptika). Jarak terjauh bulan dari pusat bumi adalah 406.700 km dan terdekat 356.400 km. Gerhana Bulan terjadi apabila bulan memasuki kerucut bayangan bumi, yakni bila matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis.

FENOMENA GERHANA BULAN TOTAL TGL 16 JUNI 2011

Tahun 2011M ini kita akan mengalami dua kali gerhana bulan yang kebetulan kedua fenomena termasuk dalam total lunar eclipse, yaitu pada tanggal 16 Juni 2011 dan 10 Desember 2011, khusus yang terdekat pada tgl 16 Juli 2011 berdasarkan metode Jean Meuss gerhana akan diawali pada 01j 22.3m WIB dan akan berakhir pada 05j2.6m WIB, sedangkan mulai total pada 02j21.9m WIB dan berakhir total 04j3.1m WIB, jadi kita akan mampu melihat fenomena total kurang lebih selama satu jam lebih duapuluh menit, serta gerhana akan dimulai dari arah timur.

Penampakan gerhana bulan dapat disaksikan dalam radius daerah yang sangat luas , seluruh bagian malam atau separuh bumi akan dapat melihat fenomena gerhana bulan, akhirnya kami menyampaikan selamat menikmati dan mari kita laksanakan sholat gerhana bulan kelak.

DAFTAR PUSTAKA

Espanak, Fred, Fifty Year Canon Of Lunar Eclipses 1986 – 2035, NASA Reference Publication 1216, 1980

Sabiq, Sayyid, Asy Sekh, Fiqh Al Sunnah, jilid I, Dar elfikr, Mesir, 1403/1983

Seidelmann, Kenneth, P, Explanatory Supplement to The Astronomical Almanac, Universitas Science, California, 1992.

 

Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah