Kenali Jenis Golongan Darah yang Rentan Digigit Nyamuk

 
Kenali Jenis Golongan Darah yang Rentan Digigit Nyamuk

LADUNI.ID, Jakarta - Nyamuk memiliki kriteria khusus ketika mencari mangsa untuk dihisap darahnya. Salah satu mangsa yang sering diincar oleh nyamuk adalah darah manusia. Beberapa orang memproduksi bahan kimia tertentu yang menarik bagi nyamuk seperti asam laktat. Dr. Jonathan Day, seorang ahli entomologi medis dari University of Florida menjelaskan bahwa nyamuk akan selektif memilih siapa mangsanya, seperti pemilik golongan darah O. 

Dr Jonathan Day mengatakan bahwa "seseorang yang memiliki golongan darah O lebih rentan digigit oleh nyamuk, dikarenakan orang tersebut akan memproduksi lebih banyak bahan kimia tertentu di kulitnya. Dan beberapa dari bahan kimia tersebut, seperti asam laktat, menarik untuk nyamuk."

Namun, terdapat pula beberapa faktor lainnya yang memicu nyamuk untuk menghisap darah mangsanya yaitu faktor genetika. senyawa CO2 merupakan alat utama yang digunakan nyamuk agar bisa mengidentifikasi target gigitannya. Oleh sebab itu anda bisa memoderasi tingkat metabolisme dengan cara diet maupun olahraga. 

Ia juga menambahkan sebagaimana dilansir Antara "Wanita hamil dan orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas cenderung memiliki tingkat metabolisme istirahat yang lebih tinggi, yang mungkin membuat mereka lebih menarik bagi nyamuk." 

Adapun faktor lain yang membuat seseorang rentan digigit nyamuk adalah pola hidup yang tidak sehat. seseorang yang sering mengkonsumsi alkohol akan sering diincar oleh nyamuk, meskipun orang tersebut telah berolahraga dengan rutin.