Tidak Percaya Diri karena Buta Warna Parsial

Tidak Percaya Diri karena Buta Warna Parsial

Assalamu’alaikum mbak Nur, perkenalkan nama saya Zidan dan umur saya 18 tahun. Saat ini saya duduk di kelas XII. Tahun depan saya lulus dan berencana melanjutkan kuliah. Mbak Nur, saya memiliki kekurangan buta warna parsial. Hal ini membuat saya kurang PD (Percaya Diri) dan dihinggapi pikiran takut gagal saat tes buta warna. Saya juga takut, jika ternyata jurusan yang saya pilih tidak sesuai dengan orang yang buta warna sehingga menghambat masa depan karir saya. Mohon pencerahannya agar saya bisa PD dan bisa bersemangat menyongsong masa depan saya.  
Wassalamu’alaikum wr wb.
Zidan di Sleman.

Tanggapan :

Wa’alaikumsalam wr wb.
Halo Zidan, manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna dibandingkan mahkluk yang lainnya. Namun demikian, setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Salah satunya adalah diberikan ujian buta warna. Banyak yang menganggap buta warna sebagai kekurangan yang membuatnya menjadi orang yang tidak percaya diri, pesimis dan membuatnya selalu berpikir negatif. Come on guys, manusia berkembang seperti apa yang dia pikirkan. 

Bukan buta warnanya yang menghalangi seseorang untuk sukses, namun pikiran negatifnyalah yang telah mengungkungnya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah, menerima kenyataan bahwa kamu seseorang dengan buta warna. Fokus pada hal-hal positif yang kamu miliki dan kembangkanlah. Pandanglah suatu permasalahan dari beberapa sudut yang berbeda, agar kamu bisa menemukan solusinya. Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah bersyukurlah kepada Allah SWT, karena nikmat-Nya yang tidak terhitung.

Banyak tokoh-tokoh sukses dunia yang ternyata juga buta warna, contohnya pendiri Facebook Mark Zuckerberg, Mantan Presiden Amerika Bill Clinton, John Dalton seorang ilmuwan Kedokteran, dan masih banyak lagi yang lainnya. Saat ini banyak training atau pelatihan khusus untuk orang yang buta warna, sehingga bisa melatih dirimu terhadap warna-warna dan membantumu lebih percaya diri menghadapi tes buta warna.

Percaya diri pada intinya adalah yakin pada kemampuan dan penilaian diri sendiri. Pilihlah jurusan sesuai kemampuanmu sehingga kamu bisa meyakinkan dirimu untuk menjalaninya. Orang yang buta warna memiliki kesempatan yang sama dalam hal pendidikan. Banyak jurusan kuliah yang bisa diambil oleh seseorang yang buta warna. Untuk lebih jelasnya kamu bisa browsing mengenai hal ini. Jangan lupa untuk mengkonfirmasikannya di kampus sesuai jurusan yang kamu inginkan.

Semoga bermanfaat dan semangat ya.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun