Bali's Big Eco Forum Bahas Penanganan Sampah Plastik di Indonesia

 
Bali's Big Eco Forum Bahas Penanganan Sampah Plastik di Indonesia

LADUNI.ID - Forum Diskusi lintas kementrian guna membahas pengelolaan sampah plastik di Indonesia digelar di Apurva Kempinski Hotel, Nusa Dua Bali (26-27/7).

 Pertemuan yang membahas tentang latar belakang, akibat, dan cara penangan masalah sampah plastik dihadiri para petinggi di empat kementrian yaitu, Kemendagri, Bappenas, Kementrian Perindustrian dan Perdagangan, serta Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mengundang berbagai organisasi dan instansi yang terkait dengan penanganan sampah plastik dan lingkungan hidup. Diantaranya WWF, ASOBSI, APINDO, KADIN, termasuk PBNU dengan lembaganya yang khusus menangani issue tentang bencana alam dan lingkungan hidup LPBI.

Hari pertama forum ini  diisi dengan dua diskusi panel dengan fokus tema "Road Map Pengelolaan Sampah Plastik" dan "Komitmen Pengelolaan Sampah Plastik". 

Event yang diprakarsai oleh Coca Cola Amatil Indonesia tersebut melibatkan pemerintah, pengusaha, dan komunitas-komunitas pemerhati lingkungan baik nasional maupun internasional dengan tujuan menindaklanjuti keprihatinan masyarakat global seiring pemakaian bahan plastik sebagai kebutuhan sehari-hari yang semakin meningkat, yang tidak disertai kesadaran akan bahaya limbah yang dihasilkan.

Diharapkan dari forum ini dapat menghasilkan tindakan nyata dari pemerintah dalam mengatur kebijakan strategis yang dibutuhkan untuk meminimalisir dampak negatif serta memanfaatkan sampah plastik sebagai industri alternatif melalui teknologi daur ulang bekerjasama dengan pihak swasta.

Hadirnya perwakilan dari beberapa kedutaan besar negara sahabat dalam pembukaan event ini menunjukkan bahwa pertemuan ini mendapat perhatian internasional. (dad)