Wisata dan Berziarah di Makam K.H.R Asnawi kudus

Wisata dan Berziarah di Makam K.H.R Asnawi kudus

Silsilah Sejarah

KHR Asnawi adalah putra pertama dari H. Abdullah Husnin seorang pedagang konpeksi tergolong besar di Kudus pada waktu itu, sedang ibunya bernama R. Sarbinah. KHR Asnawi dilahirkan di kampung Damaran Kota Kudus pada tahun 1281 H (1861 M), beliau termasuk keturunan dari Sunan Kudus (Sayyid Ja'far Sodiq) keturunan yang ke XIV dan keturunan ke V dari Kyai Haji Mutamakin seorang Wali di desa Kajen Margoyoso Kabupaten Pati yang hidup pada zaman Sultan Agung Mataram.

Jika dirunut silsilahnya, Kiai Asnawi masih merupakan keturunan ke-14 Sunan Kudus (Sayyid Ja'far Shadiq Azmatkhan) dan keturunan ke-5 Kiai Ahmad Mutamakkin, Kajen, Pati.

Jasa-jasanya

1. Pendiri Nahdlatul Ulama

Pada tahun 1924, Raden Asnawi ditemui oleh Kiai Haji Abdul Wahab Hasbullah untuk bermusyawarah guna membentengi pertahanan akidah Ahlussunah wal Jamaah dan menyetujui gagasan Kiai Wahab tersebut. Selanjutnya, bersama-sama dengan para Ulama yang hadir di Surabaya pada tanggal 16 Rajab 1344 Hijriyah atau bertepatan dengan 31 Januari 1926 Masehi Raden Asnawi turut membidani lahirnya jamiyah Nahdlatul Ulama (NU). Raden Asnawi termasuk sebagai tokoh sentral pendirian Nahdlatul 'Ulama yang didirkan pada tahun 1926 tersebut.


2. Karya-karyanya

  1. Syari'atul Islam Lit Ta'limin Nisa' wal Ghulam (1934)
  2. Kitab Fashalatan (1954)[17]
  3. Kitab Soal Jawab Mu'takad Seket
  4. Syair Nasionalisme Relijius
  5. Shalawat Asnawiyah
     

Lokasi Makam

Makam KHR Asnawi di kompleks Makam Masjid Menara Kudus di jalan  Menara, Pejaten, Kauman, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.
Sampai saat ini, wafatnya Raden Asnawi selalu diperingati pada tanggal 24 atau 25 Jumadil Akhir setiap tahunnya di Pondok Pesantren Raudlatuth Tholibin, Kudus
 

 

 

yang Sudah Mengunjungi Wisata dan Berziarah di Makam K.H.R Asnawi kudus