Pemerintah Malaysia Akan Kirimkan Surat Protes Atas Kabut Asap dari Indonesia

 
Pemerintah Malaysia Akan Kirimkan Surat Protes Atas Kabut Asap dari Indonesia

LADUNI.ID, Pemerintah Malaysia melaporkan akan mengirimkan surat protes atas kabut asap yang mengepul di beberapa bagian Serawak karena kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

Kementerian Sains, Teknologi, dan Inovasi Malaysia yang dilansir Reuters menyatakan "[Kami] akan mengirimkan surat diplomatik ke Indonesia sehingga mereka dapat segera bertindak untuk memadamkan api dan mencegah kebakaran berulang,".

Teuku Faizasyah, Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, mengaku belum mendapatkan informasi lebih lanjut dari internal pihaknya mengenai surat protes tersebut.

Akan tetapi, ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Kemlu Malaysia. Menurut Teuku Faizasyah, saat ini timbul pertanyaan di tengah lingkaran pemerintahan Malaysia.

Kepada CNN Indonesia teuku menuturkan "Di internal Malaysia juga ada pertanyaan. Surat diplomatik yang mengeluarkan adalah Kementerian Luar Negeri, bukan kementerian di luar itu,".

Teuku sendiri belum mendapatkan informasi lebih lanjut Kemlu RI sudah menerima surat yang dimaksud oleh Sains, Teknologi, dan Inovasi Malaysia tersebut.

BMKG Tanjungpinang Vivi Putri, mengatakan asap tebal akibat kebakaran hutan di Riau itu dapat dibawa angin yang bertiup dari arah tenggara hingga selatan. Dengan demikian, kabut asap dapat masuk ke Malaysia dan Singapura.

BMKG mendeteksi ada 40 titik panas di Riau terpantau dari satelit Terra Aqua dan Suomi NPP. Menurut Vivi, jumlah titik panas ini berpengaruh pada potensi asap yang masuk ke Malaysia dan Singapura.