Wisata Religi dan Berdoa di Makam Syiekh Jamaluddin al Akbari al Husaini Wajo

Wisata Religi dan Berdoa di Makam Syiekh Jamaluddin al Akbari al Husaini Wajo

Biografi Singkat

Beliau adalah cucu turunan nabi atau ahl al-bayt yang pertama kali datang ke Sulawesi Selatan. Dia juga merupakan kakek kandung dari empat ulama penyebar Islam di Jawa yang lebih dikenal dengan wali songo yaitu Sayyid Maulana Malik Ibrahim, Sayyid Ainul Yaqin atau Sunan Giri, Sayyid Raden Rahmatullah atau Sunan Ampel dan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.

Beliau dilahirkan pada tahun 1310 M di negeri Malabar, yakni sebuah negeri dalam wilayah Kesultanan Delhi. Ayahnya adalah seorang Gubernur (Amir) negeri Malabar, yang bernama Amir Ahmad Syah Jalaluddin.

Kedatangan Jamaluddin al-Husaini di Tosora Wajo diperkirakan terjadi pada tahun 1320. Tahun ini kemudian dianggap sebagai awal kedatangan Islam di Sulawesi Selatan.

Syiekh Jamaluddin al Akbari al Husaini adalah Ulama penyebar agama Islam di wilayah Sulawesi Selatan tepatnya di daerah ke Sengkang, ibukota kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan saat ini.

Beliau berhasil mengislamkan Raja Lamdu Salat pada tahun 1380 M. Pada akhirnya beliau memutuskan untuk bermukim di Sulawesi, hal ini dikarenakan, sebagian besar orang Bugis ketika itu belum masuk Islam.

 


Lokasi Makam

Makam Syiekh Jamaluddin al Akbari al Husaini terletak di Desa Tosora, Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.
 

 

yang Sudah Mengunjungi Wisata Religi dan Berdoa di Makam Syiekh Jamaluddin al Akbari al Husaini Wajo