Alquran dan Hadits

 

Ikuti Cara ini Supaya Mudah Menghapal Al Quran

Al-Quran Sangat Mudah Dihapalkan. Apakah anda termasuk orang yang berasumsi bahwa menghafal Al-Qur’an itu sulit, namun apakah asumsi itu benar?

Menghormati Mushaf Al Quran

Dr. KH. Ashin Sakho Muhammad MA pernah memberikan dawuh, “Seseorang yang menghormati mushaf Al-Qur'an, mencintai, mencium, mendekap dan menaruhnya di tempat terhormat, mushaf itu akan berterimakasih kepadanya dan meminta kepada Allah agar orang itu mendapat syafa'at Al-Qur'an."

Tuntunan Bacaan Surat Yasin, Tahlil Singkat dan Kumpulan Doa Arwah

Sebelum dimulai pembacaan tahlil, biasanya diawali pembacaan Surat Yasin. Dalam pembacaan Surat Yasin ini biasanya juga diawali dengan pembacaan doa khusus serta diiringi dengan pembacaan Surat Al-Fatihah.

Ayat dan Hadits Larangan Mendekati Zina

Berikut ini adalah beberapa ayat dan hadits tentang larangan mendekati zina. Simak di sini...

Keistimewaan Ayat Kursi Menurut Penjelasan Gus Baha

Dari sekian banyak ayat Al-Quran, ada salah satu ayat yang disebut paling istimewa, yakni Ayat Kursi dalam Surat Al-Baqarah, ayat 255. KH Bahauddin Nur Salim atau yang populer dengan panggilan Gus Baha menjelaskan keistimewaan Ayat Kursi.

Begini Tanya Jawab Pintar Seputar Al-Qur’an

Kalau Anda suatu saat ditanya oleh anak/ cucu tentang Al-Qur'an, setidaknya minimal Anda bisa menjawab seperti ini.

Ustaz Ma'ruf Khozin : Mencari Pintu Rezeki

Dari Ibnu Mas'ud bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda: "Perumpamaan rezeki sama seperti tembok yang memiliki pintu. Setiap hal yang di sekitar pintu akan didapat dengan mudah. Dan yang di sekitar tembok adalah sulit dan keras.

Menyoal Perawi Kadzdzab

Banyak yang berasumsi bahwa perawi “kadzdzab” (pendusta) secara otomatis haditsnya palsu. Dengan kaidah itu, mereka main pukul serampangan; poko’e setiap hadits yang sanadnya terdapat perawi “kadzdzab”, haditsnya pasti palsu. Dengan kaidah ini pula, al-Hafizh Ibnul Jauzi rahimahullah dalam kitab al-Maudhu’at-nya, mendapat kritik dan bantahan dari banyak huffazh hadits

Ustaz Ma'ruf Khozin : Pertanyaan Tentang Nabi Muhammad di Alam Kubur

 Ngaji Sahih al-Bukhari di ITS Surabaya pagi ini sampai pada no 184. Imam Bukhari meriwayatkan dari Asma' binti Abu Bakar meriwayatkan bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda saat Khutbah gerhana:

Kumpulan Tafsir Q.S. Al-An’am Ayat 108 tentang Larangan Memaki Sesembahan Lain

Memaki sesembahan lain adalah sifat yang tidak terpuji. Sebagaimana dijelaskan al-Qur’an Surah Al-An’am Ayat 108