Aqidah

 

Meneguhkan Aqidah Asy'ariyah

Semalam saya berkesempatan ikut ngaji Aqidah Asy'ariyah bersama para pakar Aqidah.

Empat Tingkatan Orang yang Mentauhidkan Allah

Orang yang mentauhidkan Allah ada 4 tingkatan. Apa saja itu?

Ta’abbud, Taqorrub dan Tahaqquq Menurut KH Said Aqil Siradj

Ketika kita dzikir, misalkan mengucapkan kalimah La ilaha Illa Allah, dengan tujuan kita memohon rahmat-Nya memohon Rizqi-Nya memohon kesehatan memohon kemudahan dalam menghadapi preblem itu namanya Dzikr Asma.

Hikmah Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW

LADUNI.ID, Pada malamnya, pemuda tersebut bermimpi seolah-olah kiamat telah tiba dan seorang penyeru menyeru: "Di manakah si fulan anak si fulan", disebutnya nama-nama orang yang dalam satu rombongan lalu digiringlah mereka ke surga.

Soal Jawab Aswaja Seri 2

pertanyaan seputar Ahlusunnah Wal Jamaah baik dalam bidang aqidah,fiqih, maupun tasawuf.

Soal Jawab Aswaja Seri 1

pertanyaan seputar Ahlusunnah Wal Jamaah baik dalam bidang aqidah,fiqih, maupun tasawuf.

Asma Allah dan Kaitannya Dengan Sifat Wajib Allah

Sifat Allah adalah sesuatu yang menunjukkan arti [makna] tambahan atas dzat-Nya. Sedangkan asma Allah [ism Allah] adalah sesuatu yang menunjukkan dzat Allah saja atau menunjukkan dzat dan sifat-Nya. Dan ulama memiliki redaksi yang berbeda-beda dalam mendefinisikan asma'.

Kenali Ciri-ciri Mujassimah

Kalau kita bertanya pada para pelajar agama di masa ini, apakah kamu mujassimah? hampir dipastikan dia akan menjawab: tidak, saya bukan mujassimah. Ini karena mujassimah disepakati sebagai golongan sesat menyesatkan sehingga kata ini sangat menyakitkan untuk diakui siapa pun saat ini.

Memahami Majaz "Anggota Badan" (Menjawab Syubhat Kaum Mujassimah)

 Majas "anggota badan" tak harus diaplikasikan pada sesuatu yang punya anggota badan. .Mungkin banyak pembaca yang bingung dengan judul ini. Saya jelaskan secara ringkas maksudnya. Ini tentang syubhat sebagian orang yang menjisimkan Allah.

Benarkah Pelaku Takwil atau Tafwidh Musyabbih? (Kajian Ilmu Kalam)

Salah satu propaganda untuk menolak takwil atau tafwidh adalah dengan mengatakan bahwa pelaku takwil dan tafwidh sejatinya adalah musyabbih (orang yang menyerupakan Allah dengan makhluk) sebab awalnya dia membayangkan sifat Allah sama dengan manusia kemudian dia tolak bayangan itu dengan cara takwil atau tafwidh.