Aqidah

 

Cabang Iman dalam Kitab Qomi'ut Thughyan

Syekh Nawawi Al-Bantani dalam Kitab Qomi'ut Tughyan menjelaskan bahwa terdapat 77 Cabang Iman. Bagi setiap muslim yangmampu melakukan 77 cabang iman tersebut, maka sempurnalah imannya. Dan apabila ada yang ditinggalkan, maka berkuranglah ketebalan imannya. Dalam kitab Qomi’ut Thughyan disebutkan sebanyak 77 cabang iman tersebut ialah berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh para ahli hadits.

Penjelasan tentang Iman, Islam, dan Ihsan serta Hubungannya

Iman. Islam, dan Ihsan adalah suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain bagi kita dalam menjalani seluruh aspek kehidupan di dunia ini.

Metode Tafwidh (Analisis 3 Akidah)

Berdasarkan pandangan ini, Tuhan menciptakan manusia dan menganugerahkan kekuasaan dan kebebasan untuk mengerjakan segala perbuatan

Memahami Hadis Dajjal dengan Tepat: Makna Allah Tidak Buta Sebelah

Salah satu hujjah para mujassim untuk mempropaganda awam bahwa Allah adalah jisim, dengan memplesetkan hadis yang bercerita tentang ciri Dajjal

Asma Allah dan Kaitannya dengan Sifat Wajib Allah

Sifat Allah adalah sesuatu yang menunjukkan arti [makna] tambahan atas dzat-Nya. Sedangkan asma Allah [ism Allah] adalah sesuatu yang menunjukkan dzat Allah saja atau menunjukkan dzat dan sifat-Nya. Dan ulama memiliki redaksi yang berbeda-beda dalam mendefinisikan asma'.

Allah Membimbing Setiap Orang yang Beragama Islam

LADUNI.ID, Allah cahaya langit dan bumi) yakni pemberi cahaya langit dan bumi dengan matahari dan bulan.

Empat Belas Pendapat tentang Ismul Adzom

Laduni.ID, Jakarta Dalam Asmaul Husna Nama Allah Ada 99 Dan Yang 1 Rahasia,

Memahami Nukilan Ibnu Katsir soal 3 Fase Akidah Imam Asy'ary

Laduni.ID, Jakarta Berikut penjelasan dari nukilan pandangan Ibnu Katsir mengenai tiga fase akidah Imam Abu Hasan al-Asy'ary yang seringkali disalahpahami oleh kelompok Wahhabi. Nukilan tersebut ialah:

Inilah Penjelasan Mengenai Ayah Nabi Ibrahim AS

Laduni.ID, Jakarta Bagaimana pendapat Muktamar tentang ayah Nabi Ibrahim a.s. Apakah termasuk ahli surga (mukmin) ataukah ahli neraka (kafir) ?.

Ta’abbud, Taqorrub dan Tahaqquq Menurut KH Said Aqil Siradj

Laduni.ID, Jakarta Ketika kita dzikir, misalkan mengucapkan kalimah La ilaha Illa Allah, dengan tujuan kita memohon rahmat-Nya memohon Rizqi-Nya memohon kesehatan memohon kemudahan dalam menghadapi preblem itu namanya Dzikr Asma.

Menampilkan 1 - 10 dari 118 Aqidah