Hikmah

 

Pendosa yang Mendapat Syafaat Berkat Sholawat

Dikisahkan ada seseorang yg melakukan perjalanan dengan ayahnya dalam perjalannya tersebut ayahnya sakit dan meninggal dunia diperjalanan, yang membuat si anak ini terkejut dari kematian ayahnya, bahwasanya wajah ayahnya langsung berubah menjadi hitam kelam.

Filosofi Hidup Menurut Gus Baha’

Tulisan ini adalah filosofi hidup menurut Gus Baha', sebagaimana dirangkum Gus Amak Pasuruan.

Saat Kiai Hasan Genggong Singkap Asal-usul Kewalian Kiai Hamid Pasuruan

Kiai Hamid Pasuruan dikenal luas seorang ulama yang sangat disegani pada jamannya. Beliau kiai yang masyhur di bumi sekaligus masyhur di langit.

Ijazah Doa dari KH Sya'roni Ahmadi Kudus Hafizhahullah

KH Sya’roni Ahmadi Kudus Hafizhahullah memberikan beberapa ijazah, yakni ijazah doa ketenangan hati, ijazah doa agar diberi rizki yang luas, ijazah doa kerukunan keluarga, dan ijazah doa saat menghadapi kesulitan.

Mengenang Kiai Wadud, Sosok Kiai Pendidik

Senin, 15 Juni 2020, berita duka datang dari Pondok Pesantren Annuqayah, Guluk-guluk Sumenep. Seorang Kyai yang alim dan istiqamah mendidik santri, guru kami semua, KH. Abdul Wadud Munir, wafat. Semoga semua amal baik beliau dilipatgandakan pahalanya dan semua dosa beliau diampuni. Lahul Fatihah...

Ajarilah Putra-Putri Kalian untuk Bershalawat, Sesungguhnya Ini 30 Faedahnya

Ibnu Hajar Al-Haitami menyebutkan banyak fadhilah bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW dengan berdasarkan hadits-hadits Nabi SAW.

Muslim adalah Orang yang Membuat Damai Sekitarnya

Malam itu, aku beserta jamaah sowan kepada Maulana Al Habib Luthfi bin Yahya dikediaman yang di pekalongan.

Impian Maulana Syekh Ali Jum’ah Masuk Al-Azhar

Di usia 15 tahun, ayah Maulana Syekh Ali Jum'ah hafizhahullah mulai memprogramkan agar Syekh menghafal al-Qur'an.

Kisah Perjuangan Mbah Muntaha, Berjalan Kaki 70 Km di Usia 70 Tahun

Singkat cerita, beliau mengajak santri-santrinya napak tilas rute perjalanan ketika Mbah Mun (begitu Beliau akrab dipanggil) mencari ilmu.

Asal Mula Kewalian Habib Ahmad bin Ali Bafaqih Yogyakarta

Habib Ahmad Bafaqih adalah seorang wali Allah dikarenakan kesucian hatinya, kesabaran akhlaknya, telah dianugerahi oleh Allah SWT berupa Futuhal ‘Arifiin, kasyaf dan ilmu ladunni