Motivasi

 

Pesan Kehidupan dari Gus Baha

Manusia adalah makhluk wujud yang dulu tidak ada, dan sekarang ada. Penyebab suatu keadaan terjadi bukan karena manusia, melainkan sebab-sebab terjadinya suatu kejadian di muka bumi ialah karena Allah.

Kalam Mutiara Al-Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid Tanggul

Semasa hidupnya beliau terkenal sebagai seorang sastrawan yang handal, dan gemar melantunkan syair-syair pujian kepada Allah. Kemudian syair-syair tersebut dirangkai oleh salah satu muridnya bernama Uztad Abdullah Zahir.

Berkaca pada Kasus Enron: Apa yang Kamu Tanam Itulah yang Kamu Tuai

Kasus Enron mulai terungkap pada bulan desember tahun 2001 dan terus menggelinding pada tahun 2002. Berimplikasi sangat luas terhadap pasar keuangan global, yang ditandai dengan menurunnya harga saham secara drastis di berbagai bursa efek di belahan dunia, mulai dari Amerika, Eropa, sampai ke Asia.

Pesan Umar bin Abdul Aziz Saat Penunjukannya Menjadi Khalifah

'Umar bin 'Abdul 'Aziz, atau juga disebut 'Umar II, adalah khalifah yang berkuasa dari tahun 717 sampai 720. 'Umar berasal dari Bani Umayyah cabang Marwani. Dia merupakan sepupu dari khalifah sebelumnya, Sulaiman.

Tidak Dipelajari di Sekolah Pendidikan, Namun Dipelajari di Sekolah Kehidupan

Saya sadar bahwa sekolah kehidupan (life school) sangat penting untuk terus dipelajari, karena banyak hal-hal penting yang belum diajarkan disekolah. Apalagi dengan banyaknya persoalan masalah kehidupan, sehingga kita harus siap untuk belajar dalam menghadapi masalah kehidupan.

Kisah dari Seekor Kuda

Ada sebuah kisah yang bisa kita renungkan bersama, agar kita dapat terus berjuang dan pantang menyerah, dan menyerahkan segala keputusan kita kepada Allah SWT. Ini merupakan kisah seekor kuda malang yang berhasil keluar dari keterpurukan.

KH Abdulloh Salam Kajen: Ono Rendeng, Ono Ketigo

KH Abdulloh Salam adalah paman yang menjadi pengampu atau wali bagi sahal muda, semenjak abah-ibunya wafat, ketika beliau masih berusia 11 tahun. Sang Ibu, Nyai Badi'ah wafat hanya berjarak 10 bulan dari sang suami, KH Mahfudz Salam. Jadilah Sahal muda, yatim piatu pada usia 11 tahun.

Keinginan Dalam Ridhlo-Nya

Diri Kita dalah kumpulan makhluk-makhluk yang bersifat materi dan non materi. Secara materi diri kita adalah benih yang muncul dari orang tua kita, benih tadi juga mengandung sifat hewani dan nabati, artinya di dalam pembentukan tulang, darah dan daging pada diri ini di dapat dari saripati mahluk lain.

Belajar Sepanjang Hidup

Ketika di bangku sekolah kita belajar membaca yang fisik, dari Abjad dan angka sampai menganalisis realitas fisik, sekarang di bangku semesta, kita pun belajar membaca, namun bukan membaca realitas fisik lagi tetapi sudah memasuki realitas metafisik.

Wasiat KH. Arwani Amin Kudus

KH. M. Arwani Amin Said atau biasa yang dikenal dengan Mbah Arwani Kudus merupakan seorang yang Alim ‘Allamah. Sejak kecil beliau juga dikenal sebagai pribadi yang santun dan cerdas, sehingga beliau mempunyai keistimewaan dibanding dengan teman-teman sebaya beliau.