Hikmah

 

Cintailah Ulama Sosok Pewaris Nabi

Ulama sebagai pewaris nabi yang mewariskan ilmu kepada kita dalam setiap waktu dan kesempatan

Kualitas Diri dan Kualitas Nasab

Konon, Hajjaj bin Yusuf, Sang Penguasa diktator yang cerdas tapi kejam di Masa Bani Umayyah itu, membacakan syair tersebut ketika prajuritnya urung membunuh tiga pemuda yang ia perintahkan agar dieksekusi. Usut punya usut ternyata sewaktu diinterogasi ketiga pemuda itu mengucap syair indah yang isinya seolah mereka anak orang terpandang.

Sosok Syekh Abdul Aziz Samalanga Sang Waliyullah, Ini Ceritanya #6

Pelajaran yang dapat di petik dari ungkapan itu, dimana Syekh Abdul Azis (Abon Aziz Samalanga) membantah dakwaan tamu itu bahwa tamu itu berteman dengan wahabi demi menarik wahabi ke jalan yang benar, Abon Aziz menyebutkan bahwa perbuatannya tersebut akan berefek dia sendiri akan terjatuh dalam aqidah wahabi tanpa disadarinya

Kisah Pertemuan "Aneh" Gus Miek dengan Kiai Hamid Pasuruan

Gus Miek dalam usia 9 tahun sudah pernah ke pasuruan untuk mengunjungi KH. Hamid. Ini adalah sebuah pertemuan pertama yang sangat mengharukan.

Kumpulan Dawuh - Dawuh Gus Miek #3

Kumpulan dawuh-dawuh Gus Miek

Kumpulan Dawuh - Dawuh Gus Miek #2

Kumpulan dawuh-dwauh Gus Miek

Kumpulan Dawuh - Dawuh Gus Miek #1

Kumpula dawuh-dawuh Gus Miek

Tawadhu' Tingkat Langit Mbah Maimun Zubair

Pertemuan dua ulama itu  antara Syaikhna Dr. Abdun Nashir al-Malibari dengan Mbah Maimoen  ke Sarang, ada minimal empat dawuh Mbah Maimun yang sangat berkesan bagi saya. Empat dawuh itu menunjukkan begitu "sundul langit"nya ketawadlu'an KH. Maimun

Mengambil Hikmah dari Kenyataan Hidup

Kenyataan hidup seperti ini bukan hanya pada satu orang, tetapi terjadi pada banyak orang, hanya manusia sedikit belajar dan tidak mengambil hikmahnya. 

Kisah Sayyidina Ali Menahan Amarahnya

 Ketika umat islam di tantang duel dengan pembesar musyrikin Quraiys "Amr bin Wad al-Amiri". Rasulullah bertanya kepada para sahabat-sahabatnya siapa yang berani melawannya, semua tidak ada yang berani kecuali sayyidina Ali bin Abi Thalib sepupu nabi, melihat kala itu Ali masih muda nabi pun mengulangi pertanyaannya, tapi tetap semua diam, akhirnya majulah Ali menghadapai Amr.