Hikmah

 

Indahnya Berpuasa Ghibah Politik

menjauh dari majelis yang potensial menjurus kepada gibah. Keempat, berusaha tak melibatkan diri dalam perbincangan dengan orang yang biasa bergibah

Jangan Suka Mengatakan Akan Menikah Lagi Jika Belum Mampu

Yakni agar kamu tidak berbuat zhalim. Pada ayat ini Allah تعالىmemotivasi untuk mengutamakan nikah dengan seorang wanita saja ketika seseorang khawatir tidak mampu berlaku adil.

Jasad Aktivis Muslimat NU Tetap Ayu

Masya Allah.. 24 tahun dikubur. Jasadnya masih utuh. Wajahnya terlihat cantik seperti pengantin

Jejak Kerendahatian Rasulullah

Bukhari meriwayatkan sebuah hadis dari Umar bin Khattab mengenai kerendahan hati Rasulullah ini. Janganlah kalian memuji dan memujaku berlebih-lebihan seperti orang-orang Nasrani berbuat terhadap putra Maryam. Aku ini adalah hamba Allah juga, maka katakanlah kepadaku, hamba Allah dan Rasul-Nya

Indahnya Hijrah

Hijrah itu tidak perlu kesiapan untuk sepenuhnya menjadi seseorang yang baik. Hijrah dimulai dari hati dan akhirnya pun akan sampai kehati. Perlahan-lahan.  Walau tertatih dan tertahan.

Astaghfirulllah, Inilah Tiga Sifat yang Paling Dibenci Allah

Allah sangat membeci makhluknya yang memiliki tiga sifat ini. Apa saja ketiga sifat itu?

Nasihat Untuk Pemimpin Ummat.

Pemimpin yang adil doanya mustajab tidak yang mremehkannya melainkan orang munafik. dan dia termasuk satu diantara tujuh orang yang akan dinaungi oleh Allah SWT pada hari yang tidak ada satu naunganpun kecuali dari Allah SWT".

Manusia yang Paling Pantas Dicintai

Nabi Muhammad saw, penuh pahit ketika memperjuangkan islam. Penuh derita dan banyak mendapat hinaan. Tapi Nabi selalu bersabar.

Keistimewaan Fatimah Az-Zahra

Fatimah az-Zahra wafat sekitar 15 bulan setelah wafatnya Ra su lullah, dan telah meriwayatkan 18 hadis dari ayahnya. Di dalam Shahihain diriwayatkan satu hadis darinya yang disepakati Bukhari dan Muslim dalam riwayat Aisyah. Selain itu, hadis dari Fatimah juga diriwayatkan Tirmidzi, Ibnu Ma jah, dan Abu Dawud. 

Abu Usman Al-Fauzi Lueng Ie #VI:  Menguak Hikmah di Balik Berpolitiknya Ulama

Banyak cerita yang tidak diketahui masyarakat secara umum dibalik Abu Lueng Ie berpolitik. Suatu waktu dalam halaqah ilmu, Abon Tajuddin menambahkan, walaupun dayah Abu saat itu makin berkurang santri yang belajar, namun para ulama dan tokoh kharismatik lain di Aceh telah mampu mengantikan peran Abu beliau ( Abu Lueng Ie) untuk seumeubeut dan mendidik para santri dengan jumlah yang banyak.