Hikmah

 

Kedahsyatan Kemurahan Allah bagi Hamba-Nya

Pernahkah kita sadari, bahwa di antara sekian banyak makhluk ciptaan ‎Allah yang ada di jagat raya ini, kita adalah makhluk terbaik yang Allah ‎hadirkan ke dunia ini.‎

Analogi Sederhana tentang Pentingnya Shalat Berjamaah

Shalat berjamaah memiliki banyak keutamaan, di antaranya ialah mendapat keutamaan dihindarkan dari api neraka, dijauhkan dari sifat munafik, dan dibalas pahalanya dengan berlipat ganda. Shalat berjamaah juga memberikan peluang besar diterimanya shalat ketimbang shalat sendiri.

Ada Kemudahan di Balik Kesulitan

Kawan, seringkali di saat kesusahan kita malah mengalami kerugian. Kata orang, ini ibaratnya sudah jatuh tertimpa tangga pula. Namun, yakinlah dengan kekuatan doa dan keikhlasan hati. Apa yang sudah direnggut oleh tangan-Nya tidaklah tersisa kecuali barokah.

Ketika Sayyidah Fatimah Belajar dari Perempuan Biasa

Sebagai layaknya tamu, Fatimah kemudian memperhatikan seisi rumah yang kemudian berhenti pada sudut rungan. Di sana terdapat tiga buah benda yang terawat dengan rapi.

Catatan-Catatan Penting Said Nursi: Antara Kekuatan Manusia dan Allah

Di alam ini manusia menyerupai anak kecil yang lemah. Namun dalam kelemahannya tersimpan kekuatan besar, dan dalam ketidakberdayaannya terdapat kemampuan yang menakjubkan.

Kritik Moral Seorang Sufi

Kritik-kritik Ibrahim bin Adham terhadap kehidupan masyarakat yang banyak dipenuhi oleh sikap hipokrit senantiasa mengena. Kritik-kritik moralnya begitu tajam, demikian juga kritik sosialnya.

Dahsyatnya Wirid Akhir Jum'at di Bulan Rajab, tidak Akan Kosong dari Rezeki

Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ra memberikan ijazah kepada Habib Umar bin Muhammad Maulakhela untuk membaca doa :”Ahmadurrasulullah Muhammadur Rasulullah”

Meneladani Hubungan antara Gus Dur dan Guru Sekumpul

Baik Guru Sekumpul maupun Gus Dur, keduanya adalah ulama berpengaruh dan masyhur diyakini sebagai bagian dari sekian waliyullah, kekasih Allah.

Mengenang Pertemuan Dua Mutiara Ilmu, Abah Guru Sekumpul dan Habib Anis Al-Habsyi

Selain berguru kepada para kekasih Allah SWT, Abah Guru Sekumpul juga bergaul dengan banyak tokoh yang merupakan sesama kekasih Allah. Di antara kisah menarik yang banyak dikenang terkait hal itu, adalah tentang hubungan Abah Guru Sekumpul dengan Habib Anis Al-Habsyi Solo.

Hadiah Dzikir Rasulullah untuk Sayyidah Fatimah Az-Zahra

Sayyidah Fatimah Az-Zahra r.ha, mempunyai dzikir yang merupakan hadiah dari ayahnya, Nabi Muhammad SAW. Sebagian kalangan menamai dzikir tersebut dengan sebutan "Dzikir Fatimah". Dzikir ini dibaca setiap menjelang tidur.

Menampilkan 61 - 70 dari 1.988 Hikmah