Al Qur'an dan Hadis

 

Hadis tentang Nabi Muhammad SAW dan Anak Yatim

Nabi Muhammad SAW adalah sosok pemimpin yang sangat dekat dengan umatnya. Beliau mempunyai kasih sayang yang sangat besar kepada kaum lemah. Khususnya kepada para anak yatim.

Larangan Menggunakan Kain Sutra dan Emas Bagi Lelaki

LADUNI.ID, Jakarta – Pakaian merupakan salah satu kebutuhan dalam kehidupan kita. Namun dalam Islam, cara berpakaian dan jenis pakaian yang akan dipakai telah diatur dan dijelaskan dalam Al-Quran dan hadis.

Hadis Keutamaan Bulan Rajab, Begini Cara Menyikapinya

Memang ada hadis palsu dan dhaif yang menerangkan keutamaan Rajab, tapi bukan berarti melakukan ibadah puasa di bulan Rajab tidak boleh.

Pengertian Pikir dan Dzikir

Pikir dan dzikir adalah suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam hidup dan kehidupan ini.

Perbedaannya Ujian, Musibah dan Adzab

Sebenarnya, manusia akan naik pangkat dan derajat ketaqwaannya di hadapan Allah SWT bila mereka kuat dalam menghadapi segala musibah, ujian dan cobaan dalam kehidupan ini.

Hadis Tentang Fitnah Akhir Zaman

LADUNI.ID, Jakarta - Umat manusia di dunia, khususnya di Indonesia, sedang mengalami kebingungan dan krisis kepercayaan. Perkembangan teknologi yang kian pesat dan seolah tak terbendung, tak hanya dimanfaatkan untuk hal positif, namun juga berbagai hal negatif.

Tiga Pendapat Cara Menulis Al-Qur'an

Penulisan mushaf Al-Qur’an yang sekarang beredar, baik di Indonesia maupun di seluruh penjuru dunia menggunakan Rasm Utsmani (tulisan zaman sahabat Utsman bin Affan). Meskipun penulisannya tidak memiliki kaidah yang baku, sesuai dengan penulisan bahasa Arab secara konvensional.

Ternyata Membaca Al-Qur'an di Mushaf Lebih Utama dari Membaca dengan Hafalan

LADUNI.ID, Jakarta – Tidak diragukan lagi membaca Al-Qur’an memiliki keutamaan besar dan pahala banyak. Membaca Al-Qur’an menjadikan hati tenang dan hidup tenteram. Bacaan Al-Qur’an mendatangkan keberkahan di dunia dan akhirat.

Tiga Macam Sabar Menurut Ulama’

LADUNI.ID, Jakarta - Setiap cobaan yang Allah tuliskan kepada kita jangan terus-terusan kita keluhkan, karena jika kita memilih lebih bersabar dan terus berusaha untuk menjadi kuat, maka akan ada kemudahan dan kebaikan dibalik itu semua.

Penjelasan Tafsir Al Qur'an Surat Al-Ma'idah Ayat 50

LADUNI.ID, Jakarta - Nama surah Al-Maidah (hidangan) diambil dari peristiwa perjamuan Nabi ‘Isa A.s. dengan pengikutnya. Surah ini memiliki nama lain Al-Uqud (perjanjian) yang berasal dari salah satu kata pada ayat pertama, dan Al-Munqidz (penyelamat) yang diambil dari kisah penyelamatan oleh Nabi ‘Isa A.s.

Menampilkan 1 - 10 dari 335 Al Qur'an dan Hadis