Jenazah & Makam

 

Angan-angan Manusia Setelah Meninggal Dunia

Sabda Rasulullah SAW :"bahwa angan-angan manusia di dunia tidak akan pernah habis sampai mereka masuk ke dalam kubur."

Dasar Hukum Sedekah kepada Mayit

TAHLILAN HARI KE 3, 7, 25, 40, SETAHUN & 1000, BUKAN BID'AH, DIPRAKTEKKAN OLEH UMAR DAN ULAMA SALAF. Inilah Dalil tahlilan Jumlah Hari 3, 7, 25, 40, 100, (setahun) & 1000 hari dari kitab Ahlusunnah Wal Jama'ah (bukan kitab dari agama hindu sebagaimana tuduhan fitnah kaum WAHABI)

Perbedaan Fitnah Kubur dan Siksa Kubur

Fitnah kubur adalah cobaan atau ujian dan kebingungan akan pertanyaan dua malaikat dalam kubur.

Ini Balasan Orang yang Berziarah ke Makam Orang Tua di Hari Jumat

Ziarah kubur adalah amaliyah yang banyak dikerjakan oleh mayoritas umat Islam di Indonesia. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk ziarah kubur

Makam Kiai Ageng Basyariyah, Leluhur Gus Dur dari Jalur Nyai Nafiqoh

Kiai Ageng Basyariyah atau dengan mudanya dikenal dengan nama Raden Mas Bagus Harun merupakan putra dari Bupati (Adipati) Ponorogo pada akhir abad ke-17, yaitu Dugel Kesambi (Pangeran Nolojoyo)

Kisah-Kisah Ketika Ruh Mendatangi Rumah dan Kuburan

Rasulullah SAW bersabda: “Ketika ruh sudah keluar dari tubuh anak Adam dan telah lewat masa 3 hari, maka ruh itu berkata: ‘Wahai Tuhanku, izinkanlah aku berjalan sehingga aku bisa melihat jasadku, di mana aku pernah berada dalam jasad tersebut’.”

Panggilan untuk Mayit Setelah Ruhnya Dicabut dari Badan

Pada saat mayit dipikul di atas keranda, mayit dipanggil dengan tiga kali seruan: “Wahai anak Adam...

Apakah Ahli Kubur Mengenali Orang yang Menziarahinya?

Kemudian, jika ahli kubur mengetahui siapa saja yang menziarahi kuburnya, bolehkah si keluarga atau si peziarah menyampaikan sesuatu atau meminta doa kepada mereka?

Disambut Keluarga di Alam Kubur

Jika seorang Muslim wafat maka malaikat Rahmat datang kepadanya dengan sutra putih. Malaikat berkata: "Keluarlah dalam keadaan ridha dan engkau tidak dimurkai, menuju kenikmatan dari Allah, tanpa murka"

Inilah Alasan Mengadzankan Orang Meninggal

Tidak hanya itu, mayoritas masyarakat Indonesia juga membudayakan mengazankan mayat ketika hendak dikubur. Setelah mayat diletakkan di liang lahat, kain kafan dibuka, dan muka mayat ditempelkan ke tanah sembari menghadap kiblat, salah satu dari orang yang menguburkan mengumandangkan azan sebagai bentuk penghormatan terakhir.

Menampilkan 1 - 10 dari 98 Jenazah & Makam