Sebentar Lagi Indonesia Saingi Singapura sebagai Hub Internasional

 
Sebentar Lagi Indonesia Saingi Singapura sebagai Hub Internasional

Kabar menggemberikan berasal dari kelautan di ujung Barat Indonesia, yaitu pelabuhan terbesar Indonesia akan menyaingi pelabuhan Singapura sebagai hub internasional.

Indonesia segera mengoperasikan pelabuhan laut internasional terbesar di Indonesia pada bulan September 2018. Pelabuhan Laut Kuala Tanjung ini direncanakan untuk menangani 20 juta Teus untuk fase pertama yang hampir mirip dengan kapasitas pelabuhan Singapura.

Pelabuhan baru ini sudah terhubung dengan jalan tol dan pelabuhan kereta api ke kota Medan, zona industri dan zona ekonomi khusus.

Dengan pembangunan yang sudah mencapai 96 persen bulan ini, Pemerintah Indonesia sangat yakin bahwa pelabuhan laut dalam ini akan beroperasi segera setelah bulan September ini. 

Berdasarkan data Selat Malaka, selat ini memiliki potensi 100 juta potensi Teus yang adalah salah satu selat tersibuk di dunia. 

Saat ini indonesia masih mengandalkan Singapura dan Malaysia untuk pengangkutan  internasional melalui laut (transhipment) dengan biaya yang memberatkan para pedagang Indonesia. 

Semoga pelabuhan baru ini akan membuat Indonesia lebih mandiri dan ekonomis.