Paduan Suara UMB Harumkan Indonesia

 
Paduan Suara UMB Harumkan Indonesia

LADUNI.ID, JAKARTA - Paduan Suara Mahasiswa (PSM)Universitas Mercu Buana (UMB) kembali mengharumkan Indonesia di kancah Internasional, dengan mengukir juara dalam ajang Tokyo International Choir Competition 2018, di Tokyo, Jepang, pada akhir Juli 2018 ini. Prestasi PSM UMB juara di ajang Internasional ini merupakan sesuatu yang luar biasa, karena tidak mudah.Sebab, semua peserta bagus performanya. Namun, dengan memiliki tekad dan keyakinan yang tinggi, Paduan Suara Universitas Mercu Buana, berhasil mengalahkan 59 peserta dari 14 negara yang mengikuti ajang lomba ini.

Sebagai Pembina Paduan Suara, Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, M.M. yang masih berada di Jepang, pada 30 Juli 2018 ini, mengatakan, paduan suara UMB memang sudah dikenal dan ditakuti lawannya, jika hendak dilihat dari prestasi yang setiap tahunnya selalu menjadi juara 1 di ajang serupa. Pada tahun 2014, PSM UMB jugaberhasil menjuarai nomor 1 dalam Canta Al Mar Internasional Choir Competition 2014 di nomor Folklore, mixed dan female. Kemudian, padatahun 2015, PSM UMB juga menjadijuara 1 Folklore Busan International Choir Competition dengan kategori Folklore. Bahkan, pada tahun 2016,PSM UMB juara juga di Lanna Thailand Choir Competition untuk kategori folklore.

Prestasi yang terus dipertahankan ini, tentu sangat membanggakan bagi Indonesia. Pada kejuaraan di Jepang ini, menurut Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, M.M., tiga lagu dibawakandengan sempurna oleh tim paduan suara Universitas Mercu Buana. Pada lagu pertama, Bagus S Utomo membawakan lagu Gayatri. Pada lagu kedua, Alexander Parengkuanmembawakan lagu Si Patokaan. Sedangkan lagu ketiga, Ken Stevenmembawakan lagu Paris Berantai.Dari 59 peserta yang menjadi lawan tanding, semua menjadi lawan tangguh dalam kompetisi. Namun, rival terberat adalah Filipina dan Jepang selaku tuan rumah.

Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho. M.Mjuga menambahkan, selain juara folklore, PSM UMB juga meraih juara kedua dalam kategori Chamber.Sehingga, PSM UMB berhasilmendapatkan trophy winner serta uang pembinaan ¥ 50.000. Sebagai Rektor, ia berharap, prestasi PSM UMB ini dapat memacu Universitas lainnya dalam memajukan dunia pendidikan dan menghasilkan putra-putri generasi penerus bangsa yang berprestasi.

Setelah beberapa waktu lalu, Indonesia diharumkan oleh prestasi Lalu Muhammad Zohri dalam bidang Atletik, Paduan Suara Universitas Mercu Buana yang dibina oleh Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho. M.M., telah mengukir prestasi yang harum di kancah Internasional. Dalam kesempatan ini, Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho. M.M., berpesan kepada seluruh Bangsa Indonesia, kemenangan ini menjadi Kado bagi Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-73 yang akan kita peringati sebentar lagi, sekaligus menandai 60 tahun hubungan bilateral RI dan Jepang. (hud)

 

 

Tags