Menteri Pertanian: Brebes akan Ekspor Bawang ke 4 Negara Asia

 
Menteri Pertanian: Brebes akan Ekspor Bawang ke 4 Negara Asia

LADUNI.ID, Brebes - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman Dirut BULOG Budi Waseso, Anggota DPR RI Komisi IV Bupati Brebes bersama masyarakat melakukan panen raya bawang merah Rabu (1/8/2018).

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman , mengatakan Brebes merupakan Sentral Bawang Merah terbesar di Indonesia telah memberikan kontribusi 18,5 persen produksi nasional 57% dari produksi Jawa Tengah. Memasuki panen raya bulan Juni-Agustus bawang merah hasil petani di Kabupaten Brebes, tak hanya dapat memenuhi kebutuhan di dalam negeri, namun komoditas tersebut juga dapat memenuhi kebutuhan luar negeri.
" Nantinya hasil panen raya ini akan di Ekspor ke negara Thailand, Singapura, Taiwan dan Malaysia. Hasil dari panen mencapai 10 Ton per Hektar. " Ujarnya

Pada kesempatan tersebut, Joko Prabowo, Petugas Penyuluh Pertanian Desa Jagalempeni mengungkapkan, desanya memiliki lahan 210 ha dan sebanyak 150 ha diantaranya dipergunakan untuk pertanaman bawang merah.

"Varietas bawang merah yang ditanam di lokasi panen adalah jenis Bima Brebes dengan harga jual 17 ribu per kg bawang merah basah dan 19 ribu untuk bawang merah kering," papar Joko.

Pada kesempatan tersebut Dirut Bulog, Budi Waseso menuturkan akan menyerap hasil panen petani bila harganya anjlok. Pihaknya mengaku sudah dua kali membeli bawang merah langsung kepada petani. Bahkan sudah ada kesepakatan dengan Bupati Brebes, Jawa Tengah untuk tempat pengawetan bawang merah.

Dia menegaskan akan melindungi petani dengan melakukan pelarangan impor bawang.

"Untuk masalah impor saya akan berusaha mengunci impor bersama-sama Kementan, ini adalah harga diri bangsa," ujar pria yang beken disapa Buwas itu.