Sebuah Penghargaan, Kepala Suku Papua Dapat Tunaikan Haji

 
Sebuah Penghargaan, Kepala Suku Papua Dapat Tunaikan Haji

LADUNI.ID, Bekasi - Yayasan Al-Fatih Kafah Nusantara (AFKN) memberikan kesempatan kepada kepala suku dan tokoh adat papua untuk melaksanakan ibadah haji. Pimpinan Yayasan AFKN, Ustaz Fadlan Garamatan menjelaskan keberangkatan mereka adalah sebuah penghargaan.

Ustaz Fadlan menekankan, meski kondisi ekonomi yang tidak berlebihan para tokoh adat dan kepala suku ini bisa tetap berangkat. Melalui uluran tangan dari kerajaan Arab Saudi kesempatan ini bisa tercipta.

“Sebagai penghargaan kepada ketua-ketua adat. Agar mereka tahu bahwa mereka muslim, yang walaupun tidak punya uang, walaupun tidak punya harta. Tetapi dengan hadia dengan pemberian kesempatan sehingga mereka bisa, itu yang pertama.

“Yang kedua, mengkokohkan mereka bahwa mereka adalah anak bangsa Indonesia yang tinggal. Yang ketiga adalah memampukan mereka untuk menceritakan bahwa hidup bersama dalam menciptakan kedamaian, kesejahteraan, kemakmuran. Dan selanjutnya memberikan mereka edukasi dan pengetahuan,” jelas Ustadz Fadlan.

Sayangnya, kegiatan tersebut sampai sekarang masih luput dari pandangan pemerintah. Menurut Ustaz Fadlan, dia belum pernah menemukan adanya bantuan berangkat haji untuk kepala suku di Papua.