Cegah Radikalisme, Arab Saudi Siapkan Aplikasi Monitoring Ceramah Masjid

 
Cegah Radikalisme, Arab Saudi Siapkan Aplikasi Monitoring Ceramah Masjid

Riyadh, Arab Saudi – Aplikasi ponsel untuk memonitor ceramah keagamaan dan doa di masjid-masjid sedang dipersiapkan oleh pemerintah Arab Saudi. Aplikasi ini memungkinkan Jemaah memantau durasi khutbah para penceramah.

Menteri Urusan Agama Islam, Dakwah dan Bimbingan Arab Saudi, Sheikh Abdullatif Al-Asyikh mengatakan aplikasi memungkinkan pemantauan untuk menilai ceramah dan durasi dalam menit dan detik. Kementerian berharap dapat meluncurkan aplikasi tersebut pada awal tahun depan seperti dilansir di Arab News, Selasa (14/8),

Pihaknya tidak menjelaskan siapa yang akan memantau ceramah. Namun diyakini para imam akan dapat mengevaluasi isi ceramah mereka sendiri dan penceramah lain. Pemerintah Arab Saudi saat ini sedang mempelajari peninjauan ceramah keagamaan untuk menghindari ekstremisme.

"Agama bukanlah area untuk memanipulasi pikiran orang, tidak juga untuk mengancam keamanan dan stabilitas negara yang diberkati ini," kata dia.

Juru bicara kementerian, Abdul Rahman Al-Abd Al-Kareem mengatakan kepada Arab News tentang metode pemantauan pidato keagamaan. Menurutnya, proses mengamati ceramah bukanlah sesuatu yang baru. Apa yang disajikan di mimbar biasanya diamati di pusat-pusat operasi yang mungkin ada di kementerian.

Menurutnya, masyarakat menaruh kewenangan pada pemerintah untuk memilah mana yang memberi manfaat pada mereka. Mengamati ceramah adalah suatu keharusan untuk memastikan imam tidak mengambil keuntungan di mimbar.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN