Bahaya Virus Rubella Serang Wanita Hamil di Masa Pembentukan Janin

 
Bahaya Virus Rubella Serang Wanita Hamil di Masa Pembentukan Janin

LADUNI.ID - Kampanye imunisasi campak dan rubella harus terus dilakukan oleh pemerintah dari pusat sampai daerah, karena kampanye imunisasi campak dan rubella ini penting, agar anak-anak bebas dari penyakit campak yang dapat menyebabkan radang paru, radang otak, kebutaan, diare dan gizi buruk. Infeksi virus Rubella pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan permanen pada bayi yang dilahirkan atau dikenal dengan Congenital Rubella Syndrome (CRS) yang bisa berupa ketulian, gangguan penglihatan bahkan kebutaan, hingga kelainan jantung.

Biaya minimal yang dikeluarkan untuk merawat anak dengan CRS tidak sedikit. Paling tidak butuh sekitar Rp395 juta untuk menanam koklea telinga, operasi jantung dan mata. Tidak berhenti di situ, anak dengan CRS masih butuh biaya untuk perawatan kecacatan seumur hidup seperti dilansir laman Sehat Negeriku, Kamis (23/8/2018).

Seorang ibu dari anak penderita CRS (inisial Yn), mengungkapkan biaya yang dikeluarkan untuk perawatan anaknya hingga berusia 8 tahun mencapai Rp619 juta. Uang sebanyak itu digunakan untuk biaya implan koklea Rp370 juta, operasi katarak sebesar Rp22 juta, dan terapi bicara yang menghabiskan dana Rp74 juta.

Ada juga GM, ibu penderita CRS lainn mencatat biaya pemasangan alat bantu/penunjang anaknya mencapai Rp 327 juta, biaya cek kesehatan sebesar Rp 34 juta dan biaya rehabilitasi mencapai Rp 2,6 juta setiap bulannya.

Rubella adalah penyakit akut dan ringan yang bisa menginfeksi anak dan dewasa dengan gejala tak spesifik. Akan amat berbahaya bila virus Rubella menyerang wanita hamil di masa pembentukan janin.