Ilmuwan Temukan 35 Gen Penyebab Penyakit Ginjal Kronis

LADUNI.ID,IPTEK- Sebuah studi internasional yang dipimpin oleh para ilmuwan dari Universitas Manchester telah menemukan gen yang dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis. Penemuan ini merupakan kemajuan besar mengingat faktor gen kurang mendapat perhatian sebagai salah satu penyebab penyakit ginjal kronis.

Padahal, jika dibiarkan tanpa terdeteksi, gen tersebut dapat menyebabkan gagal ginjal yang memerlukan tindakan lebih lanjut seperti transplantasi ginjal. Berdasarkan studi yang diterbitkan pada jurnal Natural Communications ini, setidaknya ada 35 gen yang mempengaruhi 1 dari 10 orang dewasa untuk menderita penyakit ginjal kronis.

Dari 35 gen yang mampu menyebabkan penyakit ginjal kronis, satu yang menarik adalah -Mucin-1-. "Ini membuat protein lengket yang disebut musin yang melapisi saluran kemih di dalam ginjal. Mutasi gen ini telah ditemukan pada keluarga dengan kegagalan ginjal yang diwariskan," jelas Adrian Woolf salah satu peneliti yang juga sebagai konsultan dalam Royal Manchester Children's Hospital seperti yang dikutip dari Eurekalert Rabu (21/11/2018).

Temuan ini muncul setelah para peneliti menerapkan teknologi RNA-seq generasi terbaru pada salah satu koleksi ginjal manusia terbesar yang pernah ada. Profesor Maciej Tomaszewski, selaku peneliti utama dalam studi ini mengungkapkan bahwa temuan ini bisa menjadi metode baru dalam diagnostis penyakit ginjal kronis.

Sumber: Kompas.com