Biografi Ummu Mundzir binti Qais

 
Biografi Ummu Mundzir binti Qais
Sumber Gambar: Ilustrasi (Foto ist)

Daftar Isi Biografi Ummu Mundzir binti Qais

1.    Riwayat Hidup
1.1  Lahir
1.2  Wafat

2.    Kisah-kisah
2.1  Baiat Pertama
2.2  Baiat Kedua
2.3  Kedekatan dengan Rasulullah
2.4  Perawi Hadis

3.    Chart Silsilah Sanad

4.    Referensi

Ummu Mundzir binti Qais adalah salah satu wanita yang memeluk Islam dan ikut dalam dua kali baiat yang penuh berkah di hadapan Rasulullah SAW sehingga beliau diberi gelar Mubayi’at al-Baiatain (orang yang berbait dua kali)

1. Riwayat Hidup

1.1 Lahir

Ummu Mundzir memiliki nama asli Salma binti Qais bin Amr bin Ubaid. Tidak diketahui secara pasti tahun kelahiran beliau karena minimnya sumber informasi.

1.2 Wafat

Tidak diketahui tahun wafat Ummu Mundzir karena minimnya sumber informasi.

2. Kisah-kisah

2.1 Baiat Pertama

Ummu Mundzir binti Qais merupakan wanita yang hidup pada zaman Nabi Muhammad SAW. Beliau memeluk Islam langsung berbaiat kepada Rasul bersama perempuan-perempuan Anshar lainnya.

Dalam baiat Rasulullah memerintahkan Ummu Mundzir binti Qais agar tidak menyekutukan Alla SWT, tidak mencuri, tidak berzina, tidak membunuh anak-anak, tidak melakukan kebohongan besar, dan tidak menentang Rasul dalam kebaikan.

Namun, terlintas pertanyaan dalam diri Ummu Mundzir binti Qais maksud dari menipu suami. Beliau pun menanyakan pada perempuan yang lain. Lalu perempuan itu bertanya pada Rasulullah, Nabi pun menjawab, “Kalian mengambil harta suami kalian, tetapi kalian melayaninya setengah hati”. Seluruh kisah itu diambil dari hadis riwayat Ahmad.

2.2 Baiat Kedua

Dalam baiat keduanya, Ummu Mundzir binti Qais berbaiat di bawah pohon yang dikenal dengan baiat ar-Ridwan yang terjadi pada tahun keenam hijriyah. Dalam baiat ini beliau mendapat kabar gembira dijamin surga :

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ وَيَزِيدُ بْنُ خَالِدٍ الرَّمْلِيُّ أَنَّ اللَّيْثَ حَدَّثَهُمْ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ لَا يَدْخُلُ النَّارَ أَحَدٌ مِمَّنْ بَايَعَ تَحْتَ الشَّجَرَةِ

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id dari Yazid bin Khalid Ar Ramli bahwa Al Laits menceritakan kepada mereka dari Abu Az Zubair dari Jabir dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Tidak akan masuk neraka orang yang ikut berbaiat di bawah pohon." (HR. Abu Dawud)

2.3 Kedekatan dengan Rasulullah

Ummu Mundzir binti Qais memeliki kedekatan dan kedudukan yang sangat tinggi dengan Rasulullah SAW. Salah satunya beliau sering dikunjungi Rasulullah SAW secara khusus dan sering makan di tempatnya. Dan rasul pun memuji masakannya Ummu Mundzir binti Qais mengandung berkah dan manfaat.

2.4 Perawi Hadis

Ummu Mundzir binti Qais adalah salah satu perawi hadis Nabi Muhammad SAW dan banyak yang meriwayatkan hadis darinya di antaranya Ya’qub bin Ya’qub Al-Madani, Ayyub bin Abdurrahman, dan Ummu Sulaith binti Ayyub bin Al-Hakam.

3. Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru Ummu Mundzir binti Qais dapat dilihat DI SINI.

4. Referensi

Dikumpulkan dari berbagai sumber

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya