Do’a Menyambut Bulan Mulia Rajab

 
Do’a Menyambut Bulan Mulia Rajab
Sumber Gambar: laduni.id

LADUNI.ID, Jakarta - Alhamdulillah tak lama lagi kita umat Islam akan memasuki 1 Rajab 1444 Hijriyah atau 1 Rajab 2023 Masehi.
Rajab adalah salah satu dari empat bulan haram yang diagungkan dan dimuliakan Allah SWT selain Muharram, Dzulqa'dah, dan Dzulhijjah. Dalam kalender Hijriyah, Rajab adalah bulan ke-7. Akan tetapi sebelum pembentukan kalender Hijriyah oleh Sayyidina Umar Bin Khattab, Rajab dikenal sebagai bulan mulia yang berada sebelum bulan Sya'ban dan setelah Jumadil Tsaniyah (Jumadil Akhir).

Rasulullah  Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mencontohkan, saat memasuki bulan Rajab beliau membaca:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allahhumma baarik lana fii rajaba wa sya’bana wa balignaa ramadhana

Artinya: Wahai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya'ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.

Dalam satu riwayat disebutkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menyampaikan bahwa bulan Rajab adalah bulannya Allah SWT, sedangkan bulan Sya'ban adalah bulannya Rasulullah, sementara bulan Ramadhan merupakan bulannya Umatku (umat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam).
Semoga Allah menyampaikan kita ke bulan Rajab hingga Ramadhan.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bulan-bulan haram memang dimuliakan oleh Allah dalam wahyu-Nya.

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram . Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa". (QS. At-Taubah 9:36).

 

 

Sumber : Dari Berbagai Sumber Ulama’ NU