Jejak Sejarah Ulama Nusantara Menyebarkan Islam di Afrika Selatan

 
Jejak Sejarah Ulama Nusantara Menyebarkan Islam di Afrika Selatan
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Selain Syaikh Yusuf Al-Makassar, salah seorang ulama Nusantara yang diasingkan di Afrika Selatan adalah Tuan Guru Imam Abdullah ibn Qadhi Abdussalam. Beliau berasal dari Tidore, Maluku Utara.

Imam Abdullah ibn Qadhi Abdussalam (selanjutnya ditulis Tuan Guru) merupakan anak dari seorang Qadhi Kesultanan Tidore, Maluku Utara. Ayahnya bernama Abdussalam, sedangkan ibunya bernama Boki. Beliau lahir pada tahun 1100 Hijriyah atau sekitar tahun 1712 Masehi.

Sejak kecil beliau terkenal sebagai seorang anak yang sangat cerdas. Didikan keluarganya sangat ketat dalam masalah agama. Ketika masih berumur 12 tahun, beliau telah berhasil menghafalkan Al-Qur’an. Selain itu beliau juga telah banyak memahami berbagai cabang ilmu agama, mulai dari ilmu fikih sampai ilmu tasawuf.

Ketika memasuki usia dewasa, beliau diangkat sebagai seorang Qadhi dan seorang Imam oleh Kesultanan Tidore, menggantikan ayahnya. Meski beliau menduduki jabatan seorang Qadhi di kesultanan, beliau tetap hidup sederhana dan terkenal sebagai seorang sufi dan juga seorang mujahid.

Selain terkenal sebagai seorang ahli agama, beliau juga terkenal sebagai seorang orator ulung yang menentang pemerintahan Belanda. Beliau pernah menjadi panglima perang melawan Belanda dan berhasil membuat para penjajah kewalahan. Sehingga membuat geram Belanda dan menjadikannya musuh utama.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN