Startup Loket Tunjukkan Pertumbuhan Positif Industri Ticketing Management System

 
Startup Loket Tunjukkan Pertumbuhan Positif Industri Ticketing Management System

Laduni.id, Jakarta – Loket, startup dalam pengelolaan event dan pemesanan tiket, terus menunjukkan pertumbuhan positif yang menjanjikan sejak didirikan tahun 2013, terutama setelah perusahaan penyedia sistem teknologi ajang dan hiburan di Indonesia itu diakuisisi Go-Jek pada Agustus 2017. Saat ini, lini usaha hiburan Go-Jek atau Go-Tix pun secara penuh dikelola oleh Loket. 

Edy Sulistyo, Co-Founder Loket mengungkapkan bahwa pencapaian yang diraih oleh perusahaannya saat ini adalah demi mewujudkan visi merevolusi industri hiburan di Indonesia melalui teknologi.

Industri Ticketing Management Service (TMS), kata Edy, bergerak sangat dinamis. Dalam setiap proyek, selalu ada tantangan baru yang menuntut kami untuk bekerja dengan lebih baik. Meskipun bisnis ini masih terdengar asing bagi publik, tetapi manajemen tiket bisa terkena sorotan publik ketika terjadi kendala dalam pembelian, baik dalam skala event besar, konser ataupun film.

“Bisnis ticketing ini sangat dinamis, visi kami adalah merevolusi dunia hiburan di Indonesia dengan teknologi,” pungkasnya.

Tidak hanya menyediakan penjualan tiket yang ditujukan pada konsumen sebagai pengguna akhir, Loket sejak awal berdiri telah menyediakan layanan untuk memenuhi kebutuhan teknologi bagi para Event Creator (B2B). 

"Dengan demikian, jangkauan layanan kami sangat komprehensif, sehingga semakin banyak masyarakat yang termudahkan tak hanya dalam urusan pencarian dan pembelian tiket secara online, tapi juga dalam urusan pembuatan dan pengelolaan event. Tidak hanya yang berskala nasional dan internasional, skala kecil dan menengah seperti seminar, workshop, nonton film, sampai dengan arisan pun bisa dilakukan dengan Loket," tambah Edy.

Dalam hal penyelenggaraan event, Loket menyediakan beragam solusi berbasis teknologi agar Event Creator dan promotor dapat menyelenggarakan acara dengan lebih profesional. Teknologi itu mencakup Ticketing Management Service (TMS), Ticket Distribution, Event Analytics, In-Event Payment, Kiosk Management serta Self-Service Platform Loket.com. 

Tidak hanya itu, Loket juga menawarkan kemudahan untuk konsumen dalam pencarian dan pembelian tiket event maupun film melalui Go-Tix, aplikasi mobile-on-demand yang tersedia di aplikasi Go-Jek yang sudah secara penuh dikelola Loket. 

Sejak 2016, Go-Tix telah menjual lebih dari 3,4 juta tiket, dan per 2018 juga telah memiliki situs www.go-tix.id yang dilengkapi berbagai fitur, termasuk di dalamnya pilihan pembayaran lengkap, berbagai informasi bagi para penikmat hiburan, hingga penjualan eksklusif tiket yang hanya dapat diperoleh melalui website Go-Tix.

Loket pada 2018 juga telah dipercaya mengelola berbagai ajang bertaraf internasional di berbagai bidang industri hiburan, seperti konser musik DWP, Celine Dion, dan Kygo. 

Tidak terbatas hanya sektor konser musik, sektor rekreasi taman hiburan seperti Waterbom Bali, Pasir Padi Bay juga menggunakan teknologi Loket. Kemudian sektor MICE, yaitu gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 hingga ajang olahraga terbesar di Asia, yakni Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. 

"Semua pencapaian ini semakin memacu kami untuk terus meningkatkan pelayanan kepada rekan bisnis dan konsumen," ujar Edy.