Masa Lalu Itu tak Kan Kembali

 
Masa Lalu Itu tak Kan Kembali

LADUNI.ID - Berhari-hari sudah kita menyaksikan kehendak-kehendak sebagian orang Indonesia untuk kembali ke belakang, mencontoh dan mempraktikkan kehidupan masa lalu di Arabia dengan seluruh nuansa kebudayaan Padang pasirnya yang gersang itu. Menurut mereka masa lalu di sana itu indah dan ideal. Apakah mereka mengetahui dengan sebenar-benarnya tentang masa lalu di sana yang katanya indah itu?. Masa lalu yang mereka maksud konon adalah zaman Nabi, para sahabat dan para pengikut sahabat (tabiin).

Mereka memimpikan sebuah sistem pemerintahan mendunia yang dipimpin oleh seorang raja yang absolut, yang diangkat berdasarkan keturunan, bukan atas pilihan rakyat. Mereka menolak demokrasi. Karena demokrasi itu bikinan orang kapir.

Mereka seperti kehilangan kesadaran bahwa
mereka hidup dan berkehidupan sekarang dengan seluruh sistemnya dan di sini, Indonesia. Mereka juga seperti tak sadar bahwa sejarah manusia dan alam semesta berjalan ke depan, bukan ke belakang. Mereka tak paham bahwa masa lalu tak mungkin kembali. Masa lalu itu semakin menjauh dan menjauh.

Kita tak mengerti mengapa mereka punya keinginan atau impian seperti itu. Mereka seperti orang-orang yang kehilangan harapan masa depan. Mungkinkah pikiran mereka diliputi oleh kecemburuan dan pandangan negatif, dan hati mereka selalu galau.
Betapa pilunya hatiku melihat mereka itu.

Oleh: KH Husein Muhammad 

 

 

Tags