Inilah Bacaan Bilal Shalat Tarawih beserta Jawabannya

 
Inilah Bacaan Bilal Shalat Tarawih beserta Jawabannya

DAFTAR ISI

  1. Bergembira Menyambut Bulan Ramadan
  2. Bacaan Bilal Shalat Tarawih dan Jawabannya
  3. Dzikir dan Doa Setelah Shalat Tarawih
  4. Kesimpulan

 

BERGEMBIRA MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

LADUNI.ID, Jakarta - Semua orang bergembira dalam menyambut bulan Ramadhan. Tidak hanya orang tua, tetapi juga orang dewasa dan anak-anak kecil. Dan memang begitulah seharusnya. Karena merasa gembira dengan kedatangan Ramadhan adalah sebuah pahala tersendiri. Sebagaimana keterangan dalam hadits Rasulullah saw yang isinya:

من فرح بدخول رمضان حرّم الله جسده على النيران

"Barangsiapa gembira masuknya bulan Ramadhan, maka Allah subhanahu wata'ala mengharamkan jasadnya dari api neraka."

Memang gembira adanya di perasaan dan di dalam hati, akan tetapi harus diejawantahkan dalam amaliah keseharian. Mulai dari sedekah, zakat, memperbanyak sedekah dan amaliah Ramadhan lainnya, terutama tarawih yang merupakan bukti kegembiraan dan keseriusan seseorang dalam menyambut Ramadhan. Begitu semangatnya dalam terawih sehingga tidak sedikit jamaah yang asal berteriak tanpa mengerti subtansinya, apalagi makna dan isinya.

Seperti yang kita ketahui, Sebelum melaksanakan ibadah shalat tarawih, biasanya ada seorang bilal tarawih yang menyerukan bacaan bilal untuk memulai shalat sunnah tarawih secara berjama'ah, begitu juga ketika memasuki raka'at-raka'at lainnya selama tarawih, yang mana isi bacaan bilal shalat tarawih yaitu shalawat kepada Nabi Muhammad SAW serta menyebutkan Khulafaur Rasyidin, yakni Abu Bakar Syiddiq, Umar Bin Khatab, Usman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN