Beberapa Bacaan Do’a Qunut

 
Beberapa Bacaan Do’a Qunut
Sumber Gambar: laduni.id

LADUNI.ID,Jakarta - Do’a Qunut dalam bahasa Arab berarti ketaatan, patuh, berdiri lama dan diam. Dalam ibadah dapat diartikan sebagai bentuk permohonan ampun dan memberi pujian kepada Allah SWT yang dilakukan setelah shalat fardhu maupun shalat Sunnah.

Do’a Qunut adalah tunduk dan merendahkan diri kepada Allah SWT. Kemudian dalam perkembangannya digunakan sebagai salah satu do’a tertentu dalam sholat.

Menurut para Ulama’ dari kalangan Syafi’i seperti Imam Ghazali, imam Nawawi, Imam Ibnu Hajar Al-Haitami dan lain-lain, bahwa hukum membaca do’a qunut sholat subuh adalah sunnah muakkadah.

Pendapat ini didasarkan pada Sabda Nabi SAW :
“Dari Sahabat Anas bin Malik r.a, sesungguhnya Nabi SAW membaca qunut selama satu bulan penuh untuk mendoakan orang-orang, kemudian beliau meninggalkannya. Adapun di waktu subuh beliau tidak pernah meninggalkan qunut sampai beliau meninggal dunia.”(HR. Imam Baihaqi dan Daruqutni)

Do’a qunut terbagi menjadi beberapa macam seperti do’a qunut salat subuh, do’a qunut salat witir pada bulan Ramadhan dan do’a qunut nazilah.

1.  Do’a Qunut Subuh

Do’a qunut subuh dibacakan setelah salat subuh, menurut Imam Nawawi hukum membaca doa qunut setelah salat subuh adalah Sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan. Meninggalkan doa qunut tidak membatalkan salat subuh, namun sangat dianjurkan bagi seorang Muslim untuk melakukan sujud sahwi ketika tidak membaca do’a qunut baik sengaja maupun tidak menurut Imam Nawawi.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN