Sebarkan Islam Rahmat, LPBKI MUI Gelar Workshop dan Launching Buku Khatib

 
Sebarkan Islam Rahmat, LPBKI MUI Gelar Workshop dan Launching Buku Khatib

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam rangka menjadikan khutbah di Indonesia bernuansa rahmat, lembaga Majelis Ulama Indonesia melalui Lembaga Pentashih Buku dan Konten Keislaman (LPBKI) menyelenggarakan Workshop Khatib dan Launching Buku berjudul "Khutbah Jumat Islam Penuh Rahmat", di Hotel Sari Pacific, Jl. M.H. Thamrin No. 6 Kebon Sirih, Menteng, Jakarta, Ahad (24/2).

Wasekjend Bidang Fatwa MUI KH Shalahuddin Al Ayub mengatakan bahwa kegiatan workshop dan launching buku tersebut ditujukan untuk menyempurnakan buku yang telah diterbitkan MUI sebelumnya. "Kalau makanan adalah konsumsi dhahiriah, kalau buku ini adalah konten ruhaniah," tegasnya.

Di samping itu, KH Ayub juga menjelaskan bahwa MUI merasa memiliki tanggung jawab besar pada khutbah di Indonesia secara umum. 

"Kenapa MUI mengambil peran ini? Kalau di MUI kita ini sadar betul mempunyai tanggug jawab (masuliyatul ulama) untuk membentengi umat kita. MUI membentengi dari aliran-aliran yang sesat melalui proses yang panjang," terangnya.

Selain itu, KH Ayub juga menambahkan bahwa MUI juga ingin membentengi umat dari pemikiran radikal. 

"Selanjutnya membentengi umat dari pemikiran-pemikiran yang menyimpang. Karena sekarang bukan perang aduan fisik, perangnya sekarang adalah perang pemikiran. Jika ada kontradiktif antara mashlahah dan maka yang didahulukan adalah nash," imbuhnya.

Lebih dari itu, Sekretaris LPBKI Arif Fakhruddin mengatakan bahwa khutbah diharapkan bisa menyesuaikan diri dengan permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat daerah itu. Yang paling penting dari khutbah tersebut adalah bagaimana khutbah yang meneduhkan, bukan khutbah yang menceraiberaikan, pungkasnya.