Ini Tips Bagi Perempuan Supaya Mendapat Jodoh yang Terbaik

 
Ini Tips Bagi Perempuan Supaya Mendapat Jodoh yang Terbaik

LADUNI.ID, Jakarta - Jodoh merupakan salah satu rahasia Ilahi yang sering dipertanyakan oleh banyak kalangan manusia. Banyak persepsi yang muncul di benak kita jika sudah membahas mengenai soal jodoh.

Beberapa orang menganggap bahwa jodoh adalah takdir, di mana Allah SWT telah menetapkan sebelum kita dilahirkan di bumi. Sedangkan kubu lainnya beranggapan bahwa jodoh adalah sebuah pilihan, di mana manusia mampu menetapkan pilihan jodohnya sendiri.

Pun sebenarnya, memilih jodoh bukan perkara mau atau tidak mau, tetapi menurut saya, siap atau tidak siap. Jika kita siap, jelas kita mau. Sedangkan jika kita mau, belum tentu kita siap. Bukan begitu?

Oleh karena itu, hemat saya, ada 6 (enam) hal yang perlu menjadi pertimbangan dalam hal memilih atau menentukan jodoh yang terbaik untuk kita:

  • Pertama, ketika menghadapi masalah keluarga, terutama bagi seorang wanita butuh kesiapan mental yang kuat dan tangguh. Karena hal itu akan sangat berpengaruh saat berada di fase pernikahan.
  • Kedua, ikut bertanggung jawab sekalipun itu hal buruk. Tentu masing-masing pasangan mempunyai hal baik dan buruk. Di sinilah letak ujian kita, apakah bisa diselesaikan dengan cara baik atau tidak. Maka harus melatih itu.
  • Ketiga, tempat tinggal. Biasanya kalau sudah menikah semua orang pasti ingin punya rumah sendiri, karena tidak mau tergantung dan merepotkan orangtua lagi. Dari kecil kita sudah tergantung pada orangtua, masa sudah menikah masih juga mau tergantung. Tentu tidak.
  • Keempat, perempuan harus bisa masak. Rasa khawatir selalu menghantui perasaan wanita jika harus dihadapkan dengan peralatan dapur seperti panci, blender, kompor dan saudara-saudaranya. Khawatir itu muncul karena takut hasil masakan tidak enak, keasinan, atau malah hambar. Makanya harus bisa masak.
  • Kelima, menghadapi mertua. Terkadang menghadapi mertua harus punya keahlian khusus. Susah-susah gampang juga sih. Biasanya, jika harus berhadapan dengan mertua, kita harus memahami karakter sifat keduanya. Istilahnya, kita harus PDKT dulu, begitu.
  • Keenam, apakah dia (si calon suami) adalah orang yang tepat, seringkali perempuan memikirkan hal semacam ini, karena pada dasarnya sebuah pernikahan membutuhkan sebuah komitemen yang kuat dan mental baja agar hubungan tetap terjalin harmonis.

Itulah ke enam langkah yang penting dilakukan perempuan dalam memilih calon suami yang baik. Yang terpenting, harus tahu dan ta’ati rambu-rambu untuk melanjutkan ke arah pernikahan.

Tetap berusaha, ikhlas dan tawakkal. Karena semuanya, Allah yang menentukan. Semoga Allah menakdirkan yang terbaik untuk kita semua. Aamiin ya Allah…


Artikel ditulis oleh Yuyun Kurniawati, Pengajar dan Alumnus Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Jawa Timur.