90 Penerbangan Boeing 737 MAX 8 Dibatalkan oleh American Airlines

 
90 Penerbangan Boeing 737 MAX 8 Dibatalkan oleh American Airlines

LADUNI.ID | - New York. 90 penerbangan maskapai American Airlines Boeing 737 MAX 8 dibatalkan hingga 24 April 2019 karena masalah larangan beroperasi. Dilansir dari laman cnbc.com, Senin (25/3/2019), Pihak American Airlines memberikan penjelasan bahwa pembatalan itu dilakukan untuk menghindari kejadian yang tak diharapkan dan prioritas utama menyangkut keamanan pengguna."Walaupun membatalkan penerbangan yang telah dipesan, kami juga memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan kami dengan alternatif pemesanan ulang.

Pihak American Airlines mengatakan bahwa mereka akan terus menunggu informasi dari Pihak Departemen Transportasi, Administrasi Penerbangan Federal, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional dan otoritas pengawas lainnya terkait penggunaan kembali atau tidak dari pesawat jenis Boeing 737 MAX 8. Boeing 737 Max diterbangkan oleh otoritas penerbangan di seluruh dunia, termasuk FAA. 

Akan tetapi, dalam beberapa bulan terakhir  telah terjadi dua kecelakaan serupa terkait sistem perangkat lunak penerbangan di pesawat yang dikenal sebagai MCAS. Pada kejadian Jet Ethiopian Airlines  tepatnya pada tanggal 10 Maret 2019 menewaskan sebanyak157 orang dan kejadian kedua yaitu jatuhnya Lion Air di Indonesia pada tanggal 29 Oktober 2018 yang mengakibatkan tewasnya 189 penumpang dan awak, keduanya adalah tipe Boeing 737 Max 8.

Dikarenakan kejadian jatuhnya pesawat di atas, Penerbangan Federal atas kelayakan Boeing 737 MAX 8 diminta audit persetujuan Administrasi oleh Departemen Perhubungan Dunia.