Mari Belajar Ilmu Fikih

 
Mari Belajar Ilmu Fikih

LADUNI.ID -Apakah Mazhab Fikih Syafi'i itu? 

(a). Mazhab Fikih
Mazhab fikih bukanlah teks yang menandingi teks al-Qur’an dan Hadis (Nash). Namun mazhab fikih adalah cara-cara memahami syariah. Karena itu biasanya pemahaman yang benar atas teks syariah tidak keluar dari cara pemahaman mazhab-mazhab fikih yang telah diakui. 

Mazhab fikih memahami teks al-Qur’an dan Hadis dengan cara terpadu (sehingga tidak ada Nash yang bertentangan dengan Nash lainnya), melalui pengetahuan yang mendalam pada nasakh mansūkh, `ām, khāsh, muthlaq, muqayyad, dan terus memperhatikan dasar-dasar syariah, agar ijtihad seorang ahli fikih tidak menabrak syariah. Karenanya, maka tidak ada pertentangan antara mengikuti mazhab fikih dengan mengikuti al-Qur’an dan Hadis.

(b) Fikih Syafi'i
Untuk memahami mazhab dengan baik kita harus mengetahui detail mazhab tersebut. Berikut beberapa hal penting tentang mazhab Syafi'i.

• Mazhab Syafi'i dibangun oleh al-Imām Abu Abdillah, Muhammad bin Idris bin al-Abbas bin Usman bin Syafi’ bin al-Saib Ubaid bin Abdi Yazid bin Hasyim bin Abdil Muttalib bin Abdi Manaf. 
Beliau lahir di Gaza pada tahun 150 H, dan wafat di Mesir pada tahun 204 H.
Setelah beliau menghafal kitab al-Muwattha’ karya imam Malik, beliau pergi ke Madinah pada usia 13 tahun untuk berguru kepada sang imam. Pada awalnya imam Malik menganggap usia imam Syafi'i terlalu muda untuk langsung membaca Muwattha’ sendiri, namun setelah mendengar bacaan imam Syafi'i, beliau sangat terpukau akan kefasihan dan keindahan bacaannya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN