Hal yang Jarang Diketahui dari Habib M. Quraish Shihab

 
Hal yang Jarang Diketahui dari Habib M. Quraish Shihab

LADUNI.ID, Jakarta - Tulisan berikut ditulis oleh salah satu murid beliau yang saat ini berada di Al-Azhar Kairo Mesir. Tulisan ini berisi tentang segala hal yang jarang diketahui dari Habib Muhammad Quraish Shihab (MQS).

Beliau jalannya agak pelan. Badannya sedikit membungkuk. Ia melintasi jalan yang di sampingnya terdapat kolam. Menggunakan baju putih, sarung hijau dan songkok nasional, layaknya pakaian santri pada umumnya. Sederhana. Senyumnya merekah. Ia tampakkan wajah berseri kepada hadirin yang berada di aula kecil di rumahnya. Mereka hendak meneguk petuah-petuahnya yang sejuk dan tutur panjang teladannya yang tawaduk. Dialah Habib Muhammad Quraish Shihab.

Habib MQS duduk. Beliau hendak menyampaikan topik yang akan dibicarakan. Biasanya tentang isu-isu kontemporer. Sesekali beliau membawa kitab al-Tafkir al-Falsafi Fi al-Islam karya gurunya, grand Syaikh Azhar, syaikh Abdul Halim Mahmud  al-Husaini. Setengah jam, terkadang lebih, beliau menuangkan ilmunya. Setelah itu, kami dipersilahkan bertanya. 3 pertanyaan. Setelah selesai, beliau berdoa dan orang-orang bersalaman kepadanya. Beliau selalu menolak ketika tangannya hendak dicium. Merasa tak pantas. Kerendah-hatian terpancar dari tiap gerak-geriknya.

Habib MQS tidak ingin merepotkan orang lain. Ia membawa sendiri barang-barangnya selagi bisa meski usianya tak lagi muda. Ketika hendak mengambil beberapa kitab untuk dijadikan refrensi dalam menulis, seseorang berusaha membantu beliau mengambilkan kitab-kitab tersebut. Beliau menolak dengan halus. Ketika berjalan membawa sebuah tas, seseorang hendak membawakan  tasnya. Beliau juga menolaknya dengan lembut. Pernah suatu hari, salah satu seorang teman ingin membantu beliau untuk berdiri, beliau menolak dan berdiri sendiri lantas berkata: "Saya masih kuat!" Ucapnya penuh humor yang disambut gelak tawa dari kami. Banyak yang tidak tahu bahwa beliau adalah sosok yang humoris meski kelihatannya adalah sosok yang sangat serius. Ketika seseorang bertemu dan hendak ingin menyampaikan sesuatu, beliau membungkuk kecil sembari merangkulkan tangannya ke pundak. Seakan-akan beliau ingin memberikan teladan tentang sebuah kasih sayang kepada setiap orang, siapapun mereka.

Saya masih sangat ingat perkataan beliau bahwa gedung pesantren Bayt Alquran yang besar itu barakahnya Alquran. Salah satu yang sangat berkesan tentang beliau adalah kerendahan hatian. Tak jarang dalam pengajian di dhalemnya, beliau meminta kawan-kawan--termasuk saya