Guru Pendiri NU Ini Merekam Kisah Para Auliya

 
Guru Pendiri NU Ini Merekam Kisah Para Auliya

LADUNI.ID, Jakarta – Adalah Al-Allamah Al-Qadhi Al-Imam Yusuf bin Ismail An-Nabhani (1849 M - 1932 M), seorang Ulama Besar yang gigih membela Ahlussunnah Wal Jama'ah. Beliau murid dari Hujjatul Ilmi Al-Allamah Muhammad Al-Anbabi (Masyayikh Agung Al-Azhar Asy-Syarif di zamannya). Adapun di antara muridnya yang masyhur adalah Hadratus Syaikh Hasyim Al-Asy’ari (Pendiri Nahdhatul Ulama).

Salah satu karya monumental Syeikh Yusuf yang banyak dikaji dan dibaca umat Islam adalah sebuah karya Mawahib (bantuan Allah kepada seorang Shaleh dalam suatu pekerjaan besar), yakni kitab Jami' Karamatul Auliya. Di dalamnya dimuat sekitar 10.000 kisah karamah yang dimiliki sekitar 1.400 Auliya laki-laki dan perempuan dari zaman sahabat Rasululah Shollallahu 'Alaihi Wasallam hingga zaman hidup beliau.

Kitab ini selama bertahun-tahun dijadikan acuan dan bahan bacaan dalam mendalami Kisah Para Kekasih Allah oleh para Ulama dan kaum Sufi di seluruh dunia, dari berbagai Madzhab dan Thariqah.

Bukan hanya isinya yang lengkap dan paling mutakhir, kitab ini juga disusun menggunakan metode alfabetik, di mana kisah hidup dan keramat para Auliya dalam kitab ini ditulis berdasarkan abjad dari nama-nama mereka, sehingga memudahkan pembacanya dalam mencari nama seorang Auliya.

Melalui karya agungnya tersebut mampu merekam kisah-kisah hidup para Aulya dalam kitabnya tersebut, semoga Allah berkenan menerangi kuburnya dan mengumpulkannya bersama Rasulullah SAW di surga. Aamiin...