Produk Pakan Ternak Inovatif dari Prodi Peternakan UMM

 
Produk Pakan Ternak Inovatif dari Prodi Peternakan UMM

LADUNI.id, Malang - Program Studi Ilmu Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar pameran sejumlah produk pakan dan formula ternak inovatif, Sabtu (25/5). Mulai dari formula penggemuk sapi, permen sapi, penggemuk unggas, hingga pakan yang dapat meningkatkan produktivitas susu sapi. Berbagai inovasi ternak ini dapat dijumpai di gelaran “Pameran Pakan Ternak” Fakultas Pertanian dan Peternakan.

Kegiatan yang terintegrasi dengan mata kuliah Ilmu Teknologi Pangan ini berangkat dari keresahan yang dialami oleh para mahasiswa dan peternak terhadap pakan yang beredar di pasaran yang kurang efektif. Selain faktor tersebut, produk pakan ternak karya mahasiswa ini juga sudah dilakukan beberapa tes dan pengujian langsung kepada hewan ternak yang bersangkutan. Hasilnya cukup memuaskan.

“Saya sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Meskipun saya baru menginjak semester 4, tapi saya sudah mempu membuat produk pakan ternak yang dapat sedikit menjawab keresahan yang dialami masyarakat mengenai hewan ternaknya,” tutur Bambang Sugiono yang sekaligus inisiator produk formula penggemuk hewan, Murcel (Murah Cepet Lemu) yang diperuntukkan bagi hewan ternak sapi.

Memberikan Murcel dua kali sehari, berat badan sapi mampu meningkat 1 kg per harinya. Selain itu ia juga mematok harga yang tergolong cukup murah yakni Rp. 6000 saja per kilonya. Bambang juga mengaku, ia memanfaatkan momentum hari raya Idul Adha untuk memasarkan produknya. Sekaligus membantu mengatasi masalah hewan yang akan dijadikan qurban. Terutama dalam masalah ukuran dan berat.

Menurut Prof. Dr. Ir. Indah Prihartini, MP. selaku dosen pengampu mata kuliah dan pencetus pameran karya inovatif mahasiswa untuk terus melakukan riset dalam pengembangan produk. Selain itu, tujuan pameran ini adalah sebagai sarana agar serius dalam membuat produk sekaligus belajar berwirausaha. Ia mendorong berbagai produk ini untuk diikutkan ke Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Kegiatan tahunan yang sudah berlangsung selama tiga tahun ini memang selalu menyita perhatian. Bagaimana tidak? Meski baru berstatus mahasiwa semester empat, mereka mampu menciptakan produk pakan ternak yang inovatif dan memiliki harga jual yang berada di bawah harga pasaran. Tak boleh ditinggalkan, berbagai produk buatan mahasiswa ini punya kualitas yang tidak kalah, bahkan cenderung lebih baik.

Selain memperkenalkan beberapa produk, para pengunjung juga dapat memberikan penilaian secara langsung terhadap produk yang mahasiswa pamerkan. Nantinya nilai tersebut diakumulasi dan akan menjadi nilai dari tugas akhir mereka untuk mata kuliah Ilmu Teknologi Pakan. Selain itu, kegiatan ini juga secara tidak langsung mengajarkan mereka untuk dapat belajar bagaimana cara berwirausaha dengan baik. (arif/ibn)