Gara-gara Menghina Presiden Erdogan, 1.845 Warga Turki di Meja Hijaukan

 
Gara-gara Menghina Presiden Erdogan,  1.845 Warga Turki di Meja Hijaukan

LADUNI.ID, Dikutip dari Washington Post, Rabu (2/3), diduga hukum ini digunakan oleh Erdogan untuk meredam perbedaan pendapat di negara tersebut. Banyak yang sudah menghadapi persidangan akibat mengkritik Erdogan, termasuk selebriti, jurnalis dan bahkan anak SMA.

Bekir Bozdag Menteri Kehakiman Turki menegaskan, sebanyak 1.845 kasus penghinaan terhadap Presdien Recep Tayyip Erdogan telah diajukan ke pengadilan. Banyak kritikus yang menganggap Rezim Erdogan terlalu agresif mengaktifkan pasal penghinaan pada presiden.

Seorang tokoh oposisi yang minta namanya dirahasiakan mengatakan "Dia (Erdogan) menjadi semakin otoriter, tak mau disalahkan. Kritik yang obyektif tapi bernada keras dianggap sebagai penghinaan,".

Sementara itu, parlemen awal pekan ini mempertanyakan sejauh mana batasan pasal penghinaan presiden dapat dilaksanakan. Bozdag mengatakan sudah sebanyak 1.845 kasus dengan tuduhan menghina Erdogan yang dipersidangkan sejak tiga tahun terakhir.

Erdogan menjadi semakin keras pada para pengkritik yang dianggap menghina dirinya. Pekan lalu, mantan pemain tim nasional sepakbola Turki, Hakan Sukur (44), harus rela dihukum empat tahun penjara akibat cuitan di akun Twitter miliknya yang mengkritik pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan itu.