OS Huawei HongMeng Mengklaim Lebih Cepat 60% dari Android

 
OS Huawei HongMeng Mengklaim Lebih Cepat 60% dari Android

LADUNI.ID, Berbagai keterangan lebih lanjut terus muncul terkait sistem operasi ponsel cerdas Huawei yang dikembangkan sendiri.

Sistem operasi yang dilaporkan dengan nama Hongmeng OS (atau ARK OS) akan datang sebagai alternatif untuk OS Android Google.

Menurut sebuah laporan oleh Global Times China, Huawei dilaporkan secara intensif melakukan proses pengujian sistem operasi HongMeng (OS) HongMeng dengan raksasa internet dan vendor ponsel pintar domestik. OS baru ini diharapkan akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan.

Sumber laporan tidak disebutkan dan berita ini dapat dianggap sebagai bagian dari upaya PR yang sedang berlangsung untuk membuat pemerintah AS memanfaatkan larangan perusahaan menggunakan teknologi AS.

Laporan tersebut mengutip sebuah sumber yang dekat dengan perusahaan penerbangan besar China yang mengisyaratkan bahwa Huawei bekerja sama dengan raksasa teknologi Tencent, serta pembuat ponsel pintar Xiaomi, Oppo dan Vivo untuk mendorong peluncuran OS HongMeng.

Laporan ini menciptakan suasana antisipasi tentang apa yang akan terjadi di masa depan untuk Android Google. Sementara itu masih diyakini bahwa menciptakan alternatif siap-pasar untuk Android hampir tidak mungkin, laporan itu mengatakan sebaliknya. Bahkan dikabarkan bahwa tes menunjukkan OS HongMeng 60% lebih cepat dari Android Google. Ini bahkan lebih sulit untuk dipercaya.

Huawei belum mengungkapkan kapan OS baru akan dirilis dan itu bisa menjadi "joker" lain dalam perang perdagangan AS - Cina.

Dalam situasi di mana AS menerapkan larangan setelah berakhirnya perpanjangan 90 hari, kami mendengar pengumuman mengejutkan dari Huawei. Namun, ada spekulasi bahwa OS baru akan turun dengan Mate 30 pada kuartal terakhir tahun ini.

Global Times mengutip beberapa sumber industri yang mengisyaratkan bahwa OS baru akan diterapkan pada Huawei P40, yang diharapkan pada kuartal pertama tahun 2020.