Istilah Ibadah, Qurban, Thaat

 
Istilah Ibadah, Qurban, Thaat

LADUNI.ID - Ada 3 istilah amal kebaikan yang mirip-mirip yang sering dipakai oleh ulama', yaitu istilah ibadah, qurbah dan tha'at.

Ibadah ada istilah yang digunakan ulama' untuk amal baik yang ada niatnya serta mengetahui kepada siapa dia ibadah, yaitu "Al-Ma'bud" Allah Subhanahu wa Ta'ala, seperti sholat, puasa, haji, wudhu, kurban, dan lain-lain. Sedangkan qurbah adalah amal baik yang tidak disyaratkan ada niat, tetapi cukup mengetahui kepada siapa dia melakukan qurbah (mendekatkan diri), yaitu "Al-Mutaqarrob ilaih" Allah Subhanahu wa Ta'ala, seperti wakaf, adzan, memerdekakan budak, sedekah,.membaca al-Qur'an, dan lain-lain.

Kita mau adzan atau sedekah misalnya, tanpa niat, sah saja, lepas dari dapat pahala atau tidak. Berbeda dengan ibadah yang mesti ada niat di dalamnya.

Demikian yang disebutkan oleh ulama-ulama kita, walaupun pada kenyataannya, terkadang qurbah disebut ibadah dan ibadah disebut qurbah.

Sedangkan istilah tha'at digunakan ulama' untuk "imtisal awamir", yaitu mengikuti perintah Allah secara mutlak, baik berupa ibadah atau qurbah.

Oleh: Hidayat Nur