Cara Tepat Menguburkan Jenazah Ketika Tanah Tergenang Banjir

 
Cara Tepat Menguburkan Jenazah Ketika Tanah Tergenang Banjir

LADUNI.ID, Jakarta - Banjir yang menggenangi beberapa wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya beberapa waktu lalu, mengakibatkan beberapa orang meninggal dunia. Dalam kondisi banjir, tentu membuat umat Islam sulit menguburkan jenazah karena liang lahat terendam banjir.

Oleh karena itu diperlukan solusi dan cara yang baik untuk menguburkan jenazah saat liang lahat terendam banjir. Bagaimana caranya?

Menurut Ketua PBNU Bidang Dakwah dan Masjid, Kiai Abdul Manan A Ghani, satu-satunya solusi ketika liang lahat tergenang air adalah mencari pemakaman lain supaya si jenazah tetap bisa segera dimakamkan.

"Ya cari pemakaman saja yang tidak terendam banjir," tuturnya, di Kantor Pusat PBNU, seperti dikutip Laduni.id dari laman Okezone.com, Kamis, (2/1) lalu.

Selain itu, Kiai Abdul Manan juga menjelaskan, tidak ada cara lain untuk segera memakamkan jenazah kecuali dengan mencari area pemakaman lain yang tidak terkena banjir. Menurutnya, tidak perlu mempersulit diri untuk menyegerakan menguburkan jenazah.

Rasulullah SAW bersabda,

أَسْرِعُوا بِالْجِنَازَةِ فَإِنْ تَكُ صَالِحَةً فَخَيْرٌ تُقَدِّمُونَهَا إِلَيْهِ وَإِنْ يَكُ سِوَى ذَلِكَ فَشَرٌّ تَضَعُونَهُ عَنْ رِقَابِكُمْ

Artinya:"Percepatlah kalian dalam membawa jenazah. Jika jenazah itu baik maka kalian telah mendekatkanya pada kebaikan. Jika jenazah itu jelek, maka kalian telah melepaskan dari pundak kalian." (HR Bukhari).