Lintas Ziarah dan Bertawassul di Makam Habib Munzir Jakarta

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Lintas Ziarah dan Bertawassul di Makam Habib Munzir Jakarta

Sekilas Biografi

Habib Munzir bin Fuad al-Musawa atau lebih dikenal dengan Munzir Al-Musawa dilahirkan di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, 23 Februari 1973 adalah dikenal sebagai pimpinan Majelis Rasulullah SAW yang dakwahnya menjangkau berbagai wilayah di Indonesia, beberapa wilayah nusantara dan dunia.

Seusai menyelesaikan sekolah menengah atas (SMA), Habib Munzir mulai mendalami Ilmu Syariat Islam di Ma'had Assafaqah, yang ketika itu di pimpin Al-Habib Abdurrahman Assegaf, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, lalu mengambil kursus Bahasa Arab di LPBA Assalafy Jakarta Timur, lalu memperdalam lagi Syari'ah Islamiyah di Ma'had al-Khairat, Bekasi Timur.

Keilmuan Syariahnya kemudian lebih didalami di Ma'had Dar-al Musthafa, Tarim, Hadhramaut, Yaman, selama empat tahun, disana Habib Munzir mendalami Ilmu Fiqih, Ilmu Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Hadits, Ilmu Sejarah, Ilmu Tauhid, Ilmu Tasawuf, Mahabbaturrasul SAW, Ilmu Dakwah, dan berbagai Ilmu Syari'ah lainnya, di bawah bimbingan langsung Habib Umar bin Hafidz.

Habib Munzir kembali ke Indonesia pada tahun 1998, dan mulai berdakwah sendiri di Cipanas. Hasil didikan gurunya yang melarang ikut politik praktis membuatnya mendirikan Majelis Rasulullah, sarana dakwahnya dengan wajah yang ramah.

Dakwahnya yang menyentuh berbagai kalangan menjadikan ia banyak dicintai oleh Ummat Islam terutama di wilayah Jabodetabek dan di Nusantara. Munzir adalah murid yang begitu disayangi oleh gurunya Habib Umar bin Hafidz, sedangkan kalangan pemuda muslim yang mengenalnya tidak jarang menjadikan ia sebagai panutan ataupun idola dalam mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW.

Dakwahnya di Indonesia juga tercatat sering di hadiri tokoh-tokoh nasional seperti Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, Suryadharma Ali , Fadel Muhammad, Fauzi Bowo dan lain-lain.

Dakwahnya Habib Munzir semakin meluas hingga jutaan jamaah yang menyentuh semua kalangan dan berbagai wilayah, mulai dari Jabodetabek, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Mataram, kalimantan, Sulawesi, Papua, Singapura, Malaysia, hingga sampai ke Jepang.

Dipanggil Ilahi

Di tengah antusiasme sebagian masyarakat Muslim Indonesia yang senantiasa menantikan majelis-majelis taklimnya, Habib Munzir Al-Musawa jatuh sakit dan sempat dirawat  di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Pada 15 September 2013 jam 15:30 WIB, habib yang menempuh dakwah ramah ini mengembuskan napasnya yang terakhir.

Diiringi ribuan jemaahnya, almarhum dikebumikan di kompleks makam keluarga Habib Abdullah bin Ja’far al-Hadad (TPU Pemakaman Habib Kuncung) di Jalan Rawajati Timur II, Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.

Lokasi Makam Habib Munzir

Lokasi Makam Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa berada di TPU Pemakaman Habib Kuncung, Jalan Rawajati Timur II, Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan