Kisah Pertama Kali Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke Indonesia

 
Kisah Pertama Kali Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke Indonesia
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dalam sebuah kesempatan Habib Anis bin Alwi bin Ali Al-Habsyi Solo, cucu dari Habib Ali pengarang Maulid Simthudduror berkunjung ke Habib Abdul Qadir Assegaf Jeddah, pemegang Quthub saat itu, ditemani oleh Habib Umar Mulachela dan para habaib lainnya. Singkatnya Habib Anis meminta salah seorang murid Habib Abdul Qodir untuk datang ke Indonesia berdakwah, mengajar ilmu dan lain sebagainya.

Maka Habib Abdul Qodir tanpa panjang lebar berkata, “Panggil Umar, dimana Umar?”

Kebetulan Habib Umar tidak sedang berada di situ, maka dipanggilkanlah oleh salah seorang murid Habib Abdul Qodir yang lain, lalu hadirlah Habib Umar dan berkata, “Apa yang Anda perintahkan wahai guruku?”

Habib Abdul Qodir menjawab dengan lantang dan singkat saja, “Persiapkan dirimu untuk datang ke Indonesia dan bawalah teman.”

Maka Habib Umar menjawab: “Sami’na wa ‘Atho'na ya Sayyidi.

Maka berangkatlah rombongan tersebut dan Habib Umar mengajak Habib Ali Al-Jufri yang sudah kita kenal sekarang.

Sedikit kisah, ketika rombongan sampai di Bandara Solo maka Habib Anis langsung mengajak rombongan Habib Umar ke Villa Habib Anis di Tawangmangu, yaitu salah satu daerah pegunungan dekat dari Solo. Di tempat itu sudah tersedia jamuan makan untuk memuliakan tamu.

Satu hal yang menarik, bahwa ketika itu Habib Umar sedang berpuasa sunnah dan salah satu jamaah mengatakan ke Habib Anis:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN