Biografi KH. Zubair Dahlan Rembang

 
Biografi KH. Zubair Dahlan Rembang

Daftar Isi KH. Zubair Dahlan Rembang

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Keluarga
  4. Pendidikan
  5. Santri-Santri
  6. WMengasuh Pesantren
  7. Teladan
  8. Karya-Karya

Kelahiran

KH. Zubair Dahlan lahir pada tahun 1323 H di Sarang. Beliau merupakan putra kedua dari KH. Dahlan Sarang. Kelahiran beliau bertepatan dengan mukimnya KH. Ahmad bin Syuaib di Makkah.

Wafat

KH. Zubair Dahlan wafat pada pada malam selasa usai sholat maghrib tanggal 15 Ramadhan tahun 1389 H.

Keluarga

KH. Zubair Dahlan melepas masa lajangan pada usia 24 tahun, beliau menikahi Nyai. Mahmudah binti KH. Ahmad bin Syu’aib.

Buah dari pernikahannya, beliau dikaruniai lima laki-laki dan perempuan, semua meninggal di usia balita kecuali satu yaitu penulis biografi ini. Nyai Mahmudah meninggal pada bulan Jumadil Akhir tahun 1358 H.

Kemudian beliau menikah yang kedua kalinya dengan ‘Aisyah binti Abdul Hadi dari keluarga Burno. Beliau dianugerahi putra-putri, lima putri yaitu Halimah, Sa’idah, Afifah, Sholihah, Salamah, dan satu putra yaitu Ma’ruf.

Pendidikan

Sejak kecil KH. Zubair Dahlan telah tampak kecerdasannya dan sangat disayang kakek dan keluarganya. Beliau tumbuh dan berkembang pada asuhan kakeknya serta belajar bermacam-macam ilmu agama pada ayahnya KH. Dahlan.

Beliau belajar al-Qur’an serta ilmu dasar pelajaran agama pada kakeknya KH. Syuaib. Beliau telah fashih membaca Al-Qur’an beserta tajwid-tajwidnya pada umur 6 tahun. Kemudian mengaji Khulashoh Ibnu Malik yang terkenal dengan Alfiyah dan Ilmu Gramer Arabikya, belajar taqrib mulai awal sampai akhir pada pamannya KH. Ahmad bin Syu’aib.

Kemudian, beliau mengaji kitab fathul wahab karangan Syekh Zakariya Al-Anshori pada K. Fatkhurrahman kecuali sekelumit dari kitab ini.

Sekitar umur 17 tahun beliau bersama kakek serta neneknya KH. Syuaib pergi ke Makkah. Dan beliau mukim di sana selama tiga tahun bersama pamannya K. Imam Kholil.

Ketika di Mekkah beliau belajar kepada Syekh Ibnu Maya’ba As-Sanqithi, beliau mengaji Hadits dan KH. Baqir Al Jogjawi, beliau mengaji kitab Tafsir Jalalain, Sarah Imam Mahally Fan Fiqh mulai permulaan sampai khatam dan yang lain.

Nasab keilmuan beliau sampai kepada Nabi Muhammad Saw. Nasab keilmuan beliau diantaranya, KH. Baqir Al-jogjawi dari KH. Syekh Abdul karim Ad-Daghosytany dari Syekh Ibrohim Al bajuri dan Al-Amir Al-Kabir dari Assho’idy dari gurunya Aqilah dari Syaih Al-Ajami dari Al-‘Arif Al-Qossasy dengan ijazahnya dari As-Syamsi Muhammad Romly dari Syaikhul Islam Zakariya Al-Anshori dari Al-Khafidz Ibnu Hajar dari As-Solah Ibnu Umar Al-fakhri bin Al-Bukhori dari Al-Qodli Abil Makarim Ahmad Al-Haddad dari Al-Hafidz Abu Na’im Ahmad bin Abdullah Al Asbihani abil Abbas Muhammad bin Ya’qub Al-Ashom.

Kami di beri khabar oleh Ar-Robi’ bin Sulaiman Al-Murodi, kami di beri khabar oleh As-Syafi’i r.a. guru saya Al-‘Alamah Al-Fadhil Muhammad Yasin bin Isa Al-fadani berkata dia Imam saya Abu Abdullah Muhammad bin Idris bin Abbas Al-quraisyi Al-Muthollibi As-Syafi’i Al-Hijazi Al-makki nasabnya sampai bersama Nabi Muhammad Saw

- Syekh Sa’id Al-Yamani beliau Termasuk santri terakhir yang mengaji pada Syaih Sa’id (Taghommadahullahu birohmatihi wa ridwanih).

- Syekh Al-Alamah Hasan Al-Yamani putra Syaikh Sa’id Al-Yamani mengaji kitab tasrif Al-Azizi, sarah Al-Kafrawi, sarah matan Al-Jurumiyyah, juga kitab yang lain lebih-lebih kitab ilmu arab.

Syekh Hasan sangat bersungguh-sungguh mendidik dan mengajar beliau sampai meneliti tulisan-tulisan beliau dan membenarkan dengan tangannya sendiri yang mulia, pada awal beliau mengaji pada Syaih Hasan beliau di suruh untuk meng’i’rob  مررت بزيد dan ضرب زيد عمرا beliau berkata مررت fi’lu madhin mabniyun ala sukun, Atta’u dhomirun mabniyun ala dlom …. Sampai akhir.

Syekh Hasan berkata “kamu Termasuk ahli Kuffah padahal ahli kuffah tidak mencukupi, tinggalkan apa yang di pegang oleh ahli kuffah sebab mereka lebih mementingkan darah nyamuk sedang mereka mengabaikan darah Husain”. Sejak itu beliau di juluki gurunya Zubair kuffi.

Kemudian bersama pamannya KH. Imam Kholil pulang ke Jawa dan seterusnya beliau meneruskan belajar ilmu-ilmu agama pada Syekh Al-Alamah KH. Faqih bin Abdul Jabar Maskumambang beliau mengaji kitab tafsir, Jam’ul Jawami’, Sarah Umul Barohin masalah aqidah mulai awwal sampai hatam dan kitab yang lainnya.

Beliau sekaligus di beri ijazah sebagaimana halnya orang-orang Ahli ijazah. Lebih-lebih isi yang terkandung dalam kitab Kifayatul Mustafid lima ‘Ala Minal Asanid karangan Syekh Muhammad Mahfudz Bin Abdullah Tremas.

Pada tahun 1371 H ketika beliau naik haji beserta rombongan ke tanah Makkah Madinah, di sana beliau bertemu yang mulia para ulama yang alim, di antaranya fadilatul ‘alamah yang mengajar di tanah Makkah dan pengajar di Masjidil Harom yang mulia sayyid Alawy bin Abbas Al-Maliki r.a, beliau mengaji di naungan majlis ta’lim di makkah tempatnya di Babissalam, apa yang di ajarkan Sayyid Alawy ya’ni masalah yang berhubungan dengan manasik haji dan umroh.

Beliau heran dengan indahnya redaksi dan fashohah yang bisa menjelaskan dalam penerapan pengajaran sayyid Alawi sampai mengecap dan membekas di hati beliau yang sangat dalam sebab keindahannya. Pada kesempatan yang mulia ini seperti yang di ceritakan pada saya, beliau memberi implikasi berbagai sebab lantaran bertemu dengan sayyid Alawi dan mengambil contoh pada sayyid di sela-sela waktu yang sangat singkat.

Begitu juga bertemu dengan Fadilatussayyid Al-‘Alamah Al- Ustadz Yasin bin Isa al-Fadani, di sela-sela waktu tersebut yang sangat singkat beliau di beri ijazah umum secara lengkap sejak beliau kenal bahwa syaih Yasin adalah ahli dalam bidang ijazah dan keistimewaan yang mulia ini, inilah redaksi ijazahnya.

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah. Sholawat dan salam semoga tercurah ke pangkuan baginda Rasul, keluarga, sohabat serta orang-orang yang mulia. Amma ba’du. Telah hadir Al-Alamah Al-Jalil fadilatussyaih Zubair bin Dahlan dari Rembang pada musim haji 1371 H. dan mendengarkan hadisurrahman al-musalsal dari saya yang pertama.

Beliau merupakan orang yang pertama kali mendengarkan dari saya hadits musalsal dengan sebutan memotong kuku beliau melihat saya ketika memotong kuku pada hari kamis, saya memberi makanan dan minuman serta memberi ijazah pada beliau ijazah umum secara utuh dan lengkap seperti halnya guru-guru saya memberi ijazah pada saya yang berjumlah 500 diantara fadilatulalamah as-syaih Muhammad Alawi Al-Makki, fadilatul ‘alamah yang ahli hadits syaih Umar Hamdan Al-Mahrosi dengan sanad-sanad yang sambung, saya berpesan pada diri saya sendiri dan beliau untuk selalu taqwa dan saya mengharap beliau tidak lupa pada saya ketika berdoa yang baik.”

**************

Di tulis pada hari jum’at 8 muharrom tahun 1382 M.

Muhammad Yasin bin Isa Al-fadani

**************

Santri-Santri

Dari didikan ayahanda KH. Maimoen Zubair ini, lahirlah banyak alim ulama yang bertebaran di pulau Jawa. Di antara muridnya adalah KH. Maimoen Zubair, KH. Muslih ibn Abdurrahman al-Maraqi (Mranggen), KH. Ustman al-Maraqi, KH. Muradi al-Maraqi, KH. Hisyam Cepu, KH. Sahal Jepara, KH. Ridwan Bangilan, KH. Jauhari Jember, KH. Bisyri al-Hafi Cepu.

KH. Masyhudi Merakurak, KH. Manfuri Merakurak, KH. Habib Sayyid Zaen al-Jufri, KH. Abdul Fattah Sendang, KH. Shiddiq Sendang, KH. Muslih Tanggir, KH. Abdul Khaliq Laju, KH. Masyhudi Senori, KH. Kurdi al-Makki, KH. Matin Mas’ud Cilacap, KH. Shiddiq Narukan, KH. Sahal Mahfudz Kajen, KH. Abdul Wahab Sulang, KH. Syahid Kemadu, KH. Dahlan Surabaya, KH. Ghazali Bojonegoro, KH. Fayyumi Siraj Kajen, KH. Tamam Siraj Pamotan.

KH. Ibrahim Karas, KH. Humaidi Narukan, KH. Syifa Makam Agung, KH. Abdul Ghafur Senori, KH. Harun Kalitidu, KH. Masyhudi Madiun, KH. Mursyid Klaten, KH. Abu Thayyib Solo, KH. Hambali Demak, KH. Sholeh Kragan, KH. Masyhudi Blora, KH. Abdussalam Rengel, KH. Syaerozi Cirebon, KH. Izzudin Cirebon, KH. Nashiruddin Cirebon, KH. Idris Marzuqi (pengasuh Pesantren Lirboyo), KH. Islahudin Dukuhseti, KH. Muslim Mranggen, KH. Dimyathi Rais Kendal, Mbah Dim Ploso, KH. Nawawi Sidogiri, KH. Hasani Sidogiri, dan lain-lain.

Mengasuh Pesantren

Beliau mulai mengajar ketika berumur 23 tahun  pada saat pulang dari mengaji pada KH. Faqih Maskumambang. Beliau  ngajar di Pondok Pesantren Sarang

Adapun santri yang beliau ajar adalah santri mulai setingkat ibtida’ sampai ‘aliyah. Sedangkan kitab yang beliau jadi bahan pengajaran mulai kitab kecil seperti ‘Aqidatul ‘Awwam, matan Taqrib, matan Jurumiyah, Tasrif Al-‘Azri sampai kitab besar seperti Jam’ul Jawami’, syarah Imam Mahalli fan fiqh, fathul Wahhab, tafsir Imam Baidhowi dan sebagainya.

Waktunya digunakan untuk mengajar sampai akhir hayatnya. Setiap bulan Romadhan beliau terbiasa mambaca tafsir Jalalain disamping membaca kitab yang lain yakni kitab Hadits, semisal Riyadhus Sholihin, Al-Adzkar An-Nawawiyyah, dan yang lain.

Pada waktu berumur enam puluhan beliau sangat suka membaca kitab-kitab Tashowwuf seperti Minhajul Abidin, Hikam, sejak itu beliau selalu mengajar kitab Ihya’ karanganImam Ghozali sampai akhir hayatnya.

Teladan

KH. Zubair Dahlan berbudi pekerti yang sempurna, mempunyai kepribadian yang mulia. Berpostur tubuh kurus, tidak tergolong jangkung. Berkulit sawo matang, berjenggot tipis. Berambut hitam, mulut dan dada yang luas. Tajam penglihatannya, berwibawa. Sangat cinta pada ahli ilmu, dan memulyakan mereka. Selalu berpegang teguh pada sunnatullah, dan jejak para ‘ulama salaf. Sangat menghindar dari bid’ah, tidak takut akan cercaan dan celaan.

Beliau pernah berkata saat dekat dengan ajalnya “saya ingin tergolong orang yang beruntung di dunia dan akhirat, ingat manusia yang paling beruntung adalah seorang yang rizkinya mampu mencukupi anak-anaknya ketika meninggal, tergolong orang yang beriman, terus masuk surga.”

Karya-Karya

Beliau mengarang kitab manasik haji, Nadzom Risalah Samarqodhiyyah yang diberi nama Qola’id Lu’lu’iyyah fi Tahdibi Ma’nal Isti’aroh, nama rumus Fuqoha’ syafi’iyyah. Beliau mempunyai syair tentang adab dan hisab

Di antara syair beliau ada yang di sesuaikan dengan keadaan di saat sempurna pembangunan salah satu bangunan pondok pesantren Sarang

رباط حماه الله من كل وحشة

ولا زال مأوى للفضائل والمجد

جزى الله كل منفق فى بنائه

وساع الى الخير فى جنة الخلد

وتارخه الهجري من بعد الفه

رباط الفلاح حفه الرب بالسعد

Juga mempunyai syair lain sebagaimana hal di atas

ادر الاله اليمن من سحب فضله

فانبت نبتا مزهــــــــــرا فتلتدا

رباط وقاه الله شرا ووحشــــــــة

ولا زال للاخـيار مأوى وقصد

وقل حين ان تم البناء مؤرخــــــا

رباط صحا للـعلم حصنا تشيدا

                                                   

Dan beliau punya sebuah puisi yang menganjurkan untuk selalu sabar atau tabah dalam urusan rizki yaitu:

لا تعجلن فليس الرزق بالعجل

الرزق يأتي بــــــــلا ريب مع الأجل

فلو صبرتم لكان الرزق يأتيكم

لكــــــــــــــنه خلق الإنسان من عجل

 

“Janganlah engkau tergesa-gesa, karena rizki itu tidak dapat diraih dengan tergesa-gesa.

Rizki pasti akan datang walaupun memakan waktu.

Kalau engkau selalu sabar, niscaya rizki itu akan datang

Akan tetapi Allah menciptakan sifat tergesa-gesa untuk manusia.”