Panti Asuhan Riyaadlul Jannah Baiturrahman Semarang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Panti Asuhan Riyaadlul Jannah Baiturrahman Semarang

Profil
Bermula dari kumpul-kumpul ibu-ibu pengantar anak  sekolah di TK dan SD H Isriati, yang semula hanya sekedar mencari teman ngobrol, berlanjut  mencari temen yang senada, yang akhirnya  secara alami terbentuk kelompok-kelompok sesuai komunitas masing-masing. Dari berbagai kelompok tersebut, salah satunya adalah kelompok yang ingin belajar mengaji.

Dari mulai alib bak tak, ibu-ibu menjalin komunitas sekaligus mengisi waktu dalam rangka menunggu anak sekolah. Seiring dengan berjalannya waktu, peserta komunitas pengajianpun mengalami pasang surut iman dan pesertanya. Namun karena pemain wataknya masih tetap bertahan, maka meskipun pesertanya silih berganti,  telah banyak kegiatan yang bermanfaat bagi orang lain yang dilakukan, diantaranya adalah menyantuni anak yatim dan memberikan bantuan pada hari-hari besar Islam bagi para duafa.
 
Dari komunitas pengajian inilah yang akhirnya berkembang dan membentuk kegiatan yang langsung dapat dirasa, berupa pendirian Panti Asuhan dan Pembimbingan Muallaf yang diberi nama “RIYAADLUL JANNAH BAITURRAHMAN”.

Dengan di ilhami kondisi dan kenyataan keseharian yang sering dilihat, bahwa ternyata banyak orang yang masuk Islam, tetapi kita orang Islam hanya dapat memberi tuntunan doa. Bagaimana kalau muallaf tersebut terusir dari keluarganya? bagaimana kelanjutannya untuk dapat menjadi seorang Islam yang benar? Apakah ada yang sudah memikirkannya? Untuk itulah akhirnya disepakati  kegiatan Riyaadlul Jannah disamping menampung dan mendidik anak yatim, sekaligus memberikan pengajaran dan membimbing muallaf  bagi yang memerlukan untuk mendapatkan  keislaman secara benar.
 
Setelah  terjadi komitmen dan terbentuk susunan kepengurusan, baru menyusun visi dan misi kemudian memberanikan diri “minta payung” ke Yayasan Masjid Raya  Baiturrahman. Respon dari Yayasan yang dikomandani Bapak Ismail (Mantan Gubernur Jateng) pun melegakan, karena bukan hanya “dipayungi’ bahkan  diperbolehkan memanfaatkan tanah wakaf milik Baiturrahman yang terletak di Jalan Jaten I Wolter Monginsidi untuk dimanfaatkan menjadi Gedung Panti Asuhan dan Pembimbingan Muallaf.

Tanggal 1 April 2005 hampir 1 (satu) tahun usia kepengurusan, Alhamdulillah  bangunan sudah dapat dimulai, dan akhir Juli 2005 Gedung Panti Asuhan untuk tahap I sudah dapat dikatakan selesai dan dapat dimanfaatkan. Pembangunan tahap pertama yang dibangun adalah Gedung lantai satu untuk asrama, yang telah diresmikan dan dimanfaatkan pada tanggal 11 September 2005. 

Kegiatan
Kegiatan-kegiatan Pengurus yang dilakukan selain mengaji mengerjakan kesekretariatan Panti Asuhan dan Pembimbingan Muallaf juga sekaligus mengumpulan dana baik dari pengurus maupun dari dermawan lainnya yang dipergunakan untuk operasional panti dan pengembangan panti. Selain kegiatan tersebut, kegiatan lainnya yang dikerjakan adalah menyantuni anak-anak yatim dan duafa pada hari-hari besar Islam melanjutkan kegiatan yang telah dilakukan sebelum panti berdiri dan aktif pada organisasi sosial lainnya.
 
 
Rumah Tahfidz
Pada 6 November 2009, bekerjasama dengan PPPA Daarul Qur’annya Wisatahati yang dikomandanai Ustad Yusuf Mansyur, Panti Asuhan dan Pembibingan Muallaf Riyaadlul Jannah telah melebarkan sayap pelayanannya, bukan hanya  mengelola Panti Asuhan dan memberi bimbingan untuk muallaf, tetapi juga telah menjadi Rumah Tahfidz. 


Anak-anak bersama pengasuh di Masjid Baiturrahman Semarang

Alamat
Jl. Wolter Monginsidi, Gang Jaten I, Pedurungan Tengah, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah
kode Pos; 50192
Telepon: (024) 76745596