STAI Ki Ageng Pekalongan YMI Pekalongan

 
STAI Ki Ageng Pekalongan YMI Pekalongan

PROFIL

Sekolah Tinggi Agama Islam “Ki Ageng Pekalongan” selanjutnya disingkat dengan nama “STAIKAP-YMI Wonopringgo Pekalongan” , didirikan oleh Yayasan Madrasah Islamiah (YMI) Wonopringo, Kabupaten Pekalongan, yang persetujuan pendiriannya ditetapkan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Nomor: Dj. I / 775/2010, tanggal 9 Nopember 2010, bertepatan dengan tanggal 2 Dzul-Hijjah 1431 H.

Sebagai sebuah perguruan tinggi Agama Islam yang baru,  memerlukan konsep pendidikan yang jelas, utuh dan komprehensif serta  berharap (Insya Allah) agar bisa berdiri dengan kukuh, bisa berjalan dengan baik dan lancar serta menjadi sebuah perguruan tinggi agama Islam sentral- idaman di Kabupaten Pekalongan.

Pemilihan nama “Ki Ageng Pekalongan” memberikan makna dan inspirasi yang  sangat berarti  dalam usaha merumuskan konsep pendidikan STAIKAP-YMI Wonopringgo Pekalongan dan akan memberikan identitas (ciri khas tersendiri). Dalam kehidupan masyarakat Pekalongan ( dengan slogan kota “Santri“), nama Ki Ageng Pekalongan  adalah sosok tokoh yang terpandang (pengageng) di Wilayah Pekalongan, yang tergolong dekat dengan para  auliya, seperti tergambar dalam pemakaman beliau di kompleks makam Syekh Maulana Maghribi di Wonobodro, Batang, Pekalongan ( Wilayah Batang sebelum tahun 1966 termasuk dalam wilayah Kabupaten Pekalongan ). Makam beliau berada diatas bukit, seperti halnya makam sebagian para wali dan raja di Jawa.

Bercermin pada identitas dan keunggulan yang disandang oleh para auliya tersebut, dengan memohon ridlo Allah swt. STAIKAP YMI-Wonopringgo Pekalongan bermaksud menjadikan konsep ajaran tentang ” Dzikr- Fikr- Amal Shaleh” sebagai mana dikembangkan oleh para  Ulama-Salafusshaleh, sebagai  landasan filosofi dalam menyusun dan merumuskan konsep pendidikan  dan keilmuan yang akan dikembang kan, yakni dengan memadukan keselarasan ” Iman, Ilmu dan Amal”.

Baca : Susunan dan Tuntunan Lengkap Bacaan Tahlil dan Doa Arwah Beserta Faedahnya (Tanpa Iklan)

PRODI

  1. Manajemen Pendidikan Islam
  2. Ekonomi Syariah

Baca : Pesantren PDF Walindo Pekalongan

ALAMAT

Jl. Simpang Tiga Sedayu Wonopringgo Pekalongan,  Kab. Pekalongan, Jawa Tengah

Kode Pos: 51181

Telepon: (0285) 4483692

Untuk keterangan lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi: https://staikap-pekalongan.ac.id