Minum Sebelum atau Sesudah Makan, Mana yang Lebih Baik?

 
Minum Sebelum atau Sesudah Makan, Mana yang Lebih Baik?

LADUNI.ID, Jakarta - Mungkin pada keseharian kita sering minum sebelum, saat dan juga setelah makan bukan? Ternyata, jika ditinjau dari berbagai keterangan ulama hal ini kurang baik dilakukan, sehingga hukumnya makruh dan sangat dianjurkan untuk meninggalkanya demi menjaga kesehatan. Jika ingin minum sebelumnya hendak lah memberi rentang waktu. Jika  saat makan berlangsung hendak lah minum dilakukan ketika ada masalah seperti keselek dan jika sesudah makan juga hendaklah ia memberi jeda.

وَيُكْرَهُ شُرْبُ الْمَاءِ عَقِيبَ الرِّيَاضَةِ، وَالتَّعَبِ، وَعَقِيبَ الْجِمَاعِ، وَعَقِيبَ الطَّعَامِ وَقَبْلَهُ، وَعَقِيبَ أَكْلِ الْفَاكِهَةِ، وَإِنْ كَانَ الشُّرْبُ عَقِيبَ بَعْضِهَا أَسْهَلَ مِنْ بَعْضٍ، وَعَقِبَ الْحَمَّامِ، وَعِنْدَ الِانْتِبَاهِ مِنَ النَّوْمِ، فَهَذَا كُلُّهُ مُنَافٍ لِحِفْظِ الصِّحَّةِ، وَلَا اعْتِبَارَ بِالْعَوَائِدِ، فَإِنَّهَا طَبَائِعُ ثَوَانٍ
(ج4. ص205 - كتاب زاد المعاد في هدي خير العباد - فصل هديه صلى الله عليه وسلم في الشراب - المكتبة الشاملة الحديثة) .
تتمة :في آداب الأكل و الشرب))
يسن-إلى أن قال-و أن لا يكثر الشرب أثناء الطعام إلا إذا غص أو صدق عطشه~
سبعة كتب مفيدة ١٤٥
 وَأَنْ لَا يُكْثِرَ الشُّرْبَ فِي أَثْنَاءِ الطَّعَامِ إِلَّا إِذَا غَصَّ بِلُقْمَةٍ أَوْ صَدَقَ عطشه فقد قيل إن ذلك مستحب في الطب وإنه دباغ المعدة.
(إحياء علوم الدين _ ج 2. ص 5_المكتبة الشاملة)

***

Sedangkan jika ditinjau dari sisi medis hal ini terjadi pro dan kontra dikalangan ahli. Ada yang menyebutkan bahwa minum sebelum, saat maupun sesudah makan tanpa diberi jeda akan memberi dampak negatif, sedangkan ahli lainnya menyebutkan bahwa minum sebelum, saat dan sesudah makan sangat dibutuhkan, dan Ahli lainnya menyebutkkan bahwa hal ini sah sah saja, minum atau tidak, yang jelas kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

Di sini kita akan bahas alasan dari beberapa pendapat tersebut.

1. Hal tersebut harusnya dihindari

Dilansir dari Blodsky, dimana dijelaskan bahwa minum sebelum, saat atau sesudah makan tanpa jeda akan memberi resiko buruk, karena pada proses pencernaan dibutuhkan waktu sekitar 2 jam, di dalam tubuh sendiri ada proporsi cairan yang harus dipertahankan tubuh saat proses pencernaan dan keseimbangannya akan terganggu bila kita minum air, jika hal ini terjadi akibatnya kita mudah merasa lapar dan kembung.

Selain itu minum sebelum, saat dan sesudah makan tanpa jeda bisa merusak kinerja enzim pencernaan, akibatnya enzim tidak bekerja secara maksimal sehingga nutrisi makanan  yang dikonsumsi tidak diserap secara baik.

Nah, adapun dampak negatifnya adalah:

  • Mudahnya merasa lapar
  • Kembung
  • Obesitas
  • Diabetes
  • Meningkatkan Asam Urat
  • Kolestrol LDL
  • VLDL (Very Low-density Lipoproteins)
  • Triglycerides

Di samping dari efek samping tersebut ternyata ada manfaat tersendiri jika kita menunda minum saat dan sesudah makan. sebagaimana dilansir dalam journal yang di terbitkan Obesity, diantara manfaatnya:

  • Mencegah Obesitas
  • Menurunkan berat badan
  • Nutri terserap dengan maksimal
  • Dll

Adapun rentan waktu yang dianjurkan untuk minum sebelum dan sesudah makan adalah minimal 30 menit.

2. Minum di perlukan sebelum, saat, dan sesudah makan

Pendapat ini mengatakan diperlukannya minum dikarenakan terkadang tubuh mengalami kekurangan cairan, sehingga dalam proses pencernaan, baik itu di tenggorokan yang kering mengakibatkan keselek, dan pada peroses pencernaan di lambung juga usus yang menjadi sulit sehingga terjadi sembelit.

3. Sah-sah Saja mau minum atau tidak

Pendapat ini menjelaskan sedemikian karna masih minimnya riset dan banyaknya pertentangan dalam hal ini dan masih dibutuhkan studi lebih lanjut. dalam pendapat ini menegaskan yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan cairan tubuh telah terpenuhi (2L/h).

So, pilih mana yang baik menurut kita ya kawan.(*)

***

Penulis: F. Yuman Hasibuan
Editor: Muhammad Mihorb

____________________
Refrensi:
- Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah (سبعة كتب مفيدة ١٤٥)
 - كتاب زاد المعاد في هدي خير العباد - فصل هديه صلى الله عليه وسلم في الشراب - المكتبة الشاملة الحديثة) . https://al-maktaba.org/book/21713/1715#p6
- إحياء علوم الدين _ ج 2. ص 5_المكتبة الشاملة   https://shamela.ws/browse.php/book-9472/page-365
- Blodsky (https://www.boldsky.com/.../how-long-should-you-wait-to...)
- Parretti et al. 2015. Efficacy of water preloading before main meals as a strategy for weight loss in primary care patients with obesity: RCT. 2015; 23(9): 1785-1791. (https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1002/oby.21167)
- Hellosehat (https://hellosehat.com/.../fakta.../minum-air-setelah-makan/)a