Gus Rijal Mumazziq: Berburu Buku Kanjeng Rasulullah SAW

 
Gus Rijal Mumazziq: Berburu Buku Kanjeng Rasulullah SAW

LADUNI.ID, Jakarta - Awal Desember silam, usai berziarah ke Makam Mbah Hamid, Pasuruan, kok ya terbersit rasa ingin mengumpulkan buku-buku bertema Kanjeng Rasulullah. Pasti asyik dan butuh-butuh fulus yang nggak sedikit.

Ndilalah kersane Gusti Allah, Mas Savic Ali ngasih uang. Terserah buat apa, katanya. Ahaa, akhirnya saya belikan banyak buku bertema biografi Kanjeng Rasulullah. Dapat banyak. Belinya ke Mas Abot Dusun, sebagian lagi ke Mas Bisyri Cuy.

Tak berselang lama, Bunda Liliek Murtiningsih juga memberi saya uang. Saya minta izin menggunakannya untuk membeli lemari buku dan juga kitab-kitab tentang Kanjeng Rasul shalallahu alaihi wa sallam. Beli ke Gus Ahmad Atho dan Yai Umronuddin. Sebagian juga merupakan pemberian bakul buku Ustadz البيهقي yang mobilnya gres kinyis-kinyis itu. Lemari jati saya pesan ke sepupu saya, Muhammad Vikri Abqori dan masih digarap.

Jika lemari khusus berisi karya-karya para ulama Nusantara saya letakkan di beranda depan rumah ibu, agar bisa dijamah oleh para santri putri, insyaAllah kitab-kitab tentang Kanjeng Rasulullah saya letakkan di sebelah kantor pondok putra, biar bisa dibaca oleh para santri cowok.

Saya berharap koleksi buku/kitab terus bertambah agar bisa menambah khazanah keilmuan dan landasan kecintaan terhadap Baginda Rasulullah. Saya hanya kebagian mengelola, sedangkan semua berkat kedermawanan para sahabat, dan ini akan menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir.

***

Jika dicermati, setiap bulan minimal ada dua buku bahasa Indonesia yang mengulas pribadi Rasulullah. Ini belum menghitung edisi bahasa lain. Corak penulisannya juga bermacam-macam. Dari novel biografis, sistematik, tematik, dan sebagainya. Masing-masing penulis juga memiliki ciri khas sendiri. Yang pasti, mereka mencintai Kanjeng Nabi dan berusaha menumpahkan rasa tresno dan kangennya dengan ekspresinya.

Kemarin lusa dikirimi Gus Nanal Ainal Fauz file PDF karya Syekh Shalahuddin Munajjid. Judulnya Mu'jam Mā Ullifa 'an Rasūlillah. Kitab setebal 424 halaman ini berisi daftar kitab yang membahas Kanjeng Nabi.

Dari berbagai sudut pandang: biografis, geografis Makkah-Madinah, psikologis (kaum kuffar-musyrik-mukmin), historis pra-pasca Islam, sosiologis-kultural, kemukjizatan beliau, keluarga mulia, interaksi keseharian, dan semua hal tentang Khairul Bariyyah ini. Komplit plit plit.

Semoga kelak, rak lemari bisa terisi berbagai kitab tentang Sirah Nabawiyyah juga kitab-kitab hadits, sebagai salah satu bekal saya dan para dermawan/dermawati menghadap beliau di akherat kelak.

Ini hanya awalan. Permulaan. Saya berharap koleksi terus bertambah, bertambah, dan bertambah. Duh Gusti, mugi panjenengan paring rezeki ingkang kathah lan berkahAllahumma Shalli wa Sallim 'ala Sayyidina Muhammad.(*)

***

Penulis: Rijal Mumazziq Z.
Editor: Muhammad Mihrob